Monday, 22 July 2019

Pantai Bagedur Tawarkan Ketenangan

Selasa, 26 Februari 2013 — 10:41 WIB
Pantai-Bagedur

PANTAI Anyer sering dijadikan destinasi alternatif bagi turis domistik maupun mancanegara untuk menghabiskan waktu liburan. Sebenarnya, Provinsi Banten dikenal sebagai daerah wisata yang memiliki banyak pantai yang masih alami. Sebut saja Pantai Bagedur yang terletak di Ds Sukamanah, Kec. Malingping, Kab. Lebak. Berbeda dengan objek wisata lainnya, Pantai Bagedur menawarkan keindahan pantai pasir putih yang luas tanpa karang. Pantai Bagedur memiliki ombak yang tidak begitu tinggi dan cocok untuk berenang.

Selain memiliki pantai nan indah pantai yang berlokasi di laut selatan ini juga menawarkan ketenangan saat kita berada disana. Karena pantai ini sangat jauh dari kawasan perkotaan dan kondisi pantai dan sekeliling pantainya masih sangat alami dan hijau.

Saat kita berkunjung ke pantai ini, kendaraan yang kita gunakan akan bisa langsung diparkir di pinggir pantai. Bahkan kita juga bisa langsung menelusuri Pantai Bagedur menggunakan kendaraan kita ditepi pantai.

Lokasi wisata pantai yang satu ini hanya ramai dikunjungi wisatawan pada saat musim libur tertentu, seperti lebaran, libur sekolah dan tahun baru. Karena tidak seramai pantai-pantai lainya di Banten, kondisi pantai ini sangat bersih dan masih terlihat alami.

Tak beda jauh dengan lokasi wisata pantai lainnya, di Pantai Bagedur juga terdapat banyak gubug-gubug yang menjual makanan, tetapi makanan yang dijualnya itu hanyalah makanan ringan. Sehingga saat kita datang ke Pantai Bagedur, lebih baik membawa bekal makanan yang cukup sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan, apalagi jarak dari pantai ke Pasar Malingping lumayan jauh  sekitar 7 kilo meter.

Wasi’ul Ulum, 28, Warga Kota Cilegon, mengatakan,  sangat kagum melihat keindahan Pantai Bagedur. Menurutnya, dirinya sangat sering mengunjungi pantai di Anyer dan Carita namun keindahan Pantai Bagedur jauh lebih bagus. “Kondisinya sangat indah, dan suasananya sangat tenang dan masih alami,” kata Wasi’ul di Pantai Bagedur.

Namun Wasi’ul menyayangkan, fasilitas infrastruktur jalan dan fasilitas lainya menuju pantai bagedur kurang diperhatikan. Sehingga, potensi wisata alam di Banten Selatan kurang tergali secara maksimal. “Coba kondisi jalanya bagus, pasti banyak yang datang ke pantai ini,” ujarnya.

Penginapan Murah

Di Pantai Bagedur ini juga terdapat Cottage Pondok Bagedur dengan harga yang terjangkau, sehingga bagi wisatawan yang memiliki rencana akan membawa keluarganya berlibur dengan keuangan yang tidak begitu besar, bisa mengambil solusi berlibur di Pantai Bagedur dengan nyaman. Apalagi di Cottage Pondok Bagedur ini setiap cottage dilengkapi dengan dapur, sehingga kita bisa memasak makanan dengan keinginan dan kemampuan keuangan kita selama berlibur.

Untuk Cottage VIP yang memiliki dua kamar tidur hanya ditawarkan dengan harga Rp 440.000/malam, Cottage AC dua kamar Rp 385.000/malam, Cottage Non AC dua kamar Rp 330.000. Di Cottage Pondok Bagedur juga menyediakan kamar biasa untuk dua orang, dengan harga per malam hanya Rp 165.000.

“Untuk setiap cottage bisa menampung 6 orang,” kata Eulis pengelola Cottage Pondok Bagedur.

Cottage Pondok Bagedur juga memiliki fasilitas kolam renang untuk anak – anak dan permainan lainya. Bahkan, bagi pengunjung yang ingin menikmati kelapa muda, bisa langsung memetiknya sendiri di depan cottage- cottage yang ada.  “Jadi bagi pengunjung yang datang dengan keluarga, jika bosan main di pantai bisa berenang di Cottage Pondok Bagedur,” terang dia.

Tiga Rute Menuju Bagedur

Untuk bisa datang ke Pantai Bagaedur terdapat tiga rute, pertama dari Serang – Gunung Kencana – Malingping, melalui jalur ini hanya membutuhkan waktu 3 jam. Untuk rute Serang- Pandeglang – Saketi – Malingping dengan jarak tempuh 4 jam. Untuk rute ketiga Palabuhan Ratu, Sukabumi – Malingping dengan jarak tempuh 2 jam.

(haryono/sir)