Selasa, 27 September 2016

Dirjen Cipta Karya Mengaku Bingung PDAM Jaya Terus Merugi

Kamis, 28 Februari 2013 — 0:00 WIB
pamrugirus272

JAKARTA (Pos Kota)-Direktur Pengembangan Air Minum Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Danny Sutjiono mengaku bingung dengan pengelolaan air bersih oleh PDAM di DKI Jakarta. Sebab kendati harga jual airnya sangat tinggi tetapi PDAM-nya sendiri termasuk perusahaan yang tidak sehat.

“PDAM Jaya membeli air dari Perum Jasa Tirta II (Jatiluhur) sangat murah. Mengapa mereka masih minta tarif naik dengan alasan rugi,” katanya, kemarin.

Menurut dia, PDAM Jaya membeli air baku dari Perum Jasa Tirta II sekitar Rp 270 per meter kubik. Kemudian setelah diolah dana yang dikeluarkan menjadi Rp 700 per meter kubik. Dan PDAM menjual air kepada warga rata-rata Rp 7000 per meter kubik.

Berarti PDAM menjual air kepada warga dengan harga 10 kali lipat dari harga produksi. Anehnya PDAM Jaya saat ini tetap saja kondisinya kurang sehat.

“Padahal PDAM di Banjarmasin Kalimantan Selatan yang menjual airnya dengan harga Rp 4000 per meter kubik kondisinya sehat,” kata Danny.

Karena itu Danny berharap Pemda mau lebih memperhatikan kondisi PDAM di wilayahnya. Misalnya, dengan memberi bantuan berupa pemasangan pipa baru bagi perluasan pemasangan jaringan distribusi air.

Namun Danny mengakui tidak sedikit juga kepala daerah yang memanfaatkan PDAM untuk kepentingan politiknya. Misalnya, tidak mau menaikan tarif PDAM kendati terus merugi dengan alasan takut ditinggalkan pendukungnya.

“Apaladi menjelang Pemilukada biasanya kepala daerah tidak mau menaikan tarif air PDAM,” katanya.

Padahal yang dirugikan rakyat juga. Sebab kondisi PDAM yang kurang sehat membuat pelayanan kepada warga menjadi kurang optimal. (faisal)

  • RAMPOK

    Mayoritas Pejabat PEMPROV DKI era FOKE…RAMPOK……Jokowi harus melakukan amputasi di manajemen PDAM Jaya…..CONTOH…Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah setalah diamputasi PARA PEJABATNYA …..sekarang kinerjanya relatif baik…..

Terbaru

Ilustrasi HIV AIDS
Selasa, 27/09/2016 — 8:46 WIB
HIV/AIDS Harus Dideteksi Sejak Dini
Kabid Pendas Disdik Kota Depok Hj. Eneng Sugiarti didampingi Kepsek SDN Mampang 3 saat melihat perpustakaan sekolah. (anton)
Selasa, 27/09/2016 — 8:38 WIB
SDN Mampang 3 Depok Miliki Perpustakaan
Kondisi bangunan gedung SDN Pitara 2 yang mangkrak atau ditinggal pemborong. (anton)
Selasa, 27/09/2016 — 8:29 WIB
75 Persen Bangunan Sekolah Negeri di Depok
Tim woodball putri meraih 2 perunggu
Selasa, 27/09/2016 — 8:17 WIB
Beach Woodball Raih Dua Perunggu
Ronaldo latihan diawasi Zidane (reuters)
Selasa, 27/09/2016 — 7:41 WIB
Tidak Betul Ronaldo Berselisih dengan Zidane