Monday, 19 November 2018

Pembobol ATM di Minimarket Dibekuk Polisi

Jumat, 1 Maret 2013 — 15:17 WIB
atm

JAKARTA (Pos Kota) – Satu dari lima anggota komplotan spesialis pembobol mesin ATM dan brankas di minimarket dibekuk aparat Resmob Polda Metro Jaya.

Tersangka Rahmat alias Jabrur , 44, bapak dari tujuh itu diringkus polisi di Bintara XI, Bekasi Barat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto, Jumat (1/3) mengungkapkan, polisi masih mengejar empat komplotan Jabrur yang hingga kini masih buron. Mereka adalah Agung alias Pitak, Kris alias Kebo, Toji alias Belo dan Jagur.

Kata Rikwanto, Jabrur bersama komplotannya adalah pelaku pencurian mesin ATM di Alfamart Radar Auri 14 November 2012, Minimarket Indomart Jalan KH Usman, Beiji, Depok, tanggal 6 Januari 2013, Indomart Jl Tambak, Menteng, Jakarta Pusat pada 23 Januari 2013 dan mesin ATM di Indomart Komarudin, Cakung, Jakarta Timur pada 9 Februari 2013.

“Modus mereka yakni menyasar ATM yang berada di Minimarket, yang dalam waktu kejadian Minimarket tersebut sedang tutup dijebol pintunya lalu menggondol brangkas ATM, kemudian menguras isinya, lalu brangkas dibuang di suatu tempat,” kata Rikwanto.

Dari masing empat brangkas ATM yang mereka curi isinya 150 juta. Dengan total Rp 600 juta jika yang diambil empat brangkas.

Kepala Subdit Resmob Dit Krimum Polda Metro Jaya AKBP Heri Heryawan mengatakan, kompolotan ini kerap menyasar Bank Pemerintah seperti mesin ATM BRI karena kontruksinya yang lemah sehingga mudah ditarik dan digondol.

“Dari keterangan tersangka, kalau mesin ATM BRI itu cor-corannya tidak kuat, gampang ditarik. Berbeda dengan mesin ATM Bank lain,” katanya. (Yahya)