Thursday, 18 October 2018

Pemprov DKI Kucurkan Ratusan Miliar, Siap Beli Saham KBN

Jumat, 1 Maret 2013 — 9:59 WIB

PEMPROV DKI Jakarta berniat mengucurkan dana ratusan miliar untuk membeli saham PT Kawasan Berikat Nusantara  (KBN) sebagai pemegang mayoritas.

Penambahan kepemilikan saham untuk memberi pekerjaan masyarakat di kawasan kumuh sekitar KBN yang akan dipindah ke Rusun Marunda. Saat ini, saham pemprov 26,8 persen. “Kita mau menguasai 49% sahamnya. Kalau lebih dari itu bisa jadi BUMD soalnya, kami sih maunya 70%,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) di Balaikota, kemarin.

Menurut Ahok, Menteri BUMN Dahlan Iskan, menyetujui rencana pemprov untuk mengusai PT KBN di kawasan Marunda dan Cakung-Cilincing (Cacing). Pihaknya  segera mengadakan rapat dengan PT KBN. “Prioritas  pekerja di KBN harus warga Jakarta.”

DIBANGUN KEK

Direktur Utama PT KBN, Sattar Tabba, mengatakan, pihaknya tidak keberatan karena ini tahap pengembangan. Pembelian saham sejak Gubernur Fauzi Bowo.

Awalnya, Pemprov memiliki saham 11 persen. Kemudian mengucurkan dana hingga Rp500 miliar untuk mencukup saham hingga 26,8 persen.  Di kawasan tersebut nantinya akan dibangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sebagi pusat logistik dan pelabuhan. (john/ak)