Minggu, 3 Maret 2013 17:38:05 WIB

13.585 Murid SD di Jaksel Terima Kartu Jakarta Pintar

pintar

​KEBAYORAN BARU (Pos Kota) – Sedikitnya 13.585 murid Sekolah Dasar (SD) di Jakarta Selatan terdata sebagai penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP). Jika tidak ada aral melintang, kartu penunjang operasional pendidikan tersebut mereka kantongi April mendatang.

“Sesuai arahan dari Dinas Pendidikan, kemungkinan April dibagikan. Mudah-mudahan sesuai dengan rencana,” ujar Kepala Seksi SD Sudin Pendidikan Dasar Jaksel, Momon Sulaiman.

Momon memaparkan belasan ribu murid SD itu merupakan peserta didik di 526 SD negeri dan 186 SD swasta di wilayah Jaksel. “Jumlah tersebut merujuk pada Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) yang sudah dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) dengan Pemprov DKI,” terangnya.

Meski demikian, lanjut Momon, jumlah tersebut kemungkinan bertambah, mengingat masih ada murid yang namanya belum tercantum di PPLS. Untuk itu, ia mengimbau, agar pihak sekolah aktif mendata apakah siswanya tercantum dalam PPLS. Demikian pula siswanya.

“Jadi siswa bisa mengecek ke sekolah, kalau belum masuk, langsung minta keterangan tidak mampu di kelurahan lalu daftar di sekolah,” imbuhnya.

KJP yang diluncurkan pada 1 Desember 2012, urai Momon, dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan personal siswa seperti membeli tas, buku, sepatu atau ongkos untuk pergi ke sekolah (transport).

Kartu tersebut berbentuk anjungan tunai mandiri (ATM) yang berisi uang yang berbeda-beda pada setiap tingkatan pendidikan. Untuk SD terdapat Rp180.000. Sementara untuk SMP dan SMA masing-masing terdapat Rp210.000 dan Rp240.000. Uang tersebut dapat diambil kapan saja sesuai dengan kebutuhan siswa melalui ATM Bank DKI. (yulian)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.