Minggu, 25 September 2016

Petani Indramayu Merugi

Puluhan Hektar Sawah Diserang Hama Wereng

Senin, 4 Maret 2013 — 6:55 WIB
ilushama

​INDRAMAYU (Pos Kota) – Puluhan hektar tanaman padi di Kecamatan Cikedung dan Terisi, Indramayu, Jawa Barat diamuk serangan wereng. Akibatnya, jika tak segera diatasi terancam mati dan tentu petani merugi.

Dulhalil,47 petani setempat mengemukakan, perkembangan hama wereng terlihat sejak hujan sering turun. Kondisi cuaca yang lembab membuat hama wereng mudah berkembang biak.

Hama wereng menyerang tanaman padi yang tengah mekar sehingga nampak mati dan mengering.

Ia mengemukakan, petani berupaya mengatasi dampak serangan hama wereng dengan menyemprot pestisida yang banyak tersedia di kios kios yang menjual sarana produksi pertanian.

“Harganya lumayan mahal. Satu botol mencapai Rp140 ribu cukup untuk nyemprot hama wereng seluas 1 hekyar,” kata Kalimin, 57 warga Kecamatan Cikedung.

Dikatakan, dalam sebulan terakhir sering turun hujan siang hari. Hal itu memudahkan hama wereng berkembang biak. Setelah dewasa hama wereng mencari makan dengan cara masuk ke batang tanaman padi lalu menghisap sari makanan yang dikirim akar menuju malai padi.

Batang padi yang terserang hama wereng menjadi gabug alias hampa karena sarinya habis disedot hama wereng yang bercokol di batang padi.(taryani).

Terbaru

Tiga pasang cagub-cawagub berselvie ria di RSAL Mintohardjo. (ist)
Minggu, 25/09/2016 — 13:49 WIB
Pengamat: Lawan Ahok Muncul di Luar Dugaan
Camat Kebayoran Lama, Sayid Ali, Lurah Kebayoran Lama Utara, Waluyo dan tim Pemko Jaksel saat BBJS di Jalan Peninggaran Barat RT 12/11 Kebayoran Lama Utara jelang pembongkaran pada Rabu (28/9). (Rachmi)
Minggu, 25/09/2016 — 13:43 WIB
Tiga Bangunan Segera Dibongkar Camat
kostrad
Minggu, 25/09/2016 — 13:42 WIB
Kaskostrad Tinjau Posko Bencana Banjir di Garut
bantuan
Minggu, 25/09/2016 — 13:38 WIB
Kaskostrad Bantu Korban Banjir Bandang Garut