Friday, 14 December 2018

5 Pecatur Jawa Timur Lolos Seleknas

Selasa, 5 Maret 2013 — 23:11 WIB
catur1

JAKARTA(Pos Kota) – Empat pecatur putra dan satu putri dari Jawa Timur (Jatim) lolos Seleknas Catur Junior Lapis Dua (U-14) yang berakhir Selasa (5/3) di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) Bekasi, Jawa Barat. Sedangkan DKI hanya meloloskan satu pecatur putra, Novendra Prihasmoro.

Mohammad Agus Kurniawan(Jatim)  tampil sebagai juara, Novendra (DKI),  Arif Abdul Hafiz dari (Jawa Barat), Yoga Pradafa Harahap(Jatim), Surya Setiawan  (Sumatera Selatan), dan  Catur Adi Sagita(Jatim) dari bagian putra  akan menjalani pelatnas jangka panjang yang akan terus dievaluasi.
Di bagian putri,  juara direbut oleh Vania Vindy Chandra dari Jawa Barat, disusul  Parahita Millyena Legowo(Yogyakarta),

Nyimas Sonya Nafa  (Sumsel),  Nyimas Sonya Nafa(Sumsel),  Indira Nusyamsiana (Jatim) dan Juwita Adelia (Kalimantan Timur) terpilih masuk pelatnas.

“Mereka akan muiai masuk pelatnas jangka panjang setelah kenaikan kelas mendatang,” kata kepala pembinaan prestasi. PB Percasi, Kristianus Lim.

4 PELATIH ASING

Menurut  Wakil Ketua Umum PB Percasi, Utut Adianto, tahun ini pihaknya akan mendatangkan empat pelatih asing. Dua untuk skuad SEA Games 2013, satu  untuk pelatnas yunior dan satu  untuk membina para pemain dan pelatih di berbagai daerah.“Ini merupakan bentuk upaya kita memajukan prestasi catur nasional agar bisa mengejar ketertinggalan dari negara lain,” ujar Utut.

Seleknas diikuti pecatur belia yang berprestasi di even nasional tahun lalu. Di antaranya tiga besar Kejuaraan Catur ASEAN Age Group di Vietnam dan Olimpiade Olahraga dan Seni Naisonal (O2SN) 2012.

Selaknas digelar dengan sistem Swiss sembilan babak dengan enam pecatur putra dan putri peringkat teratas berhak masuk Pelatnas. (awang/si)