Wednesday, 26 September 2018

Warga Parkir Seenaknya, Petugas Dianggap Patung

Selasa, 5 Maret 2013 — 23:49 WIB
Mobil Digembok01

TAMAN SARI (Pos Kota) – Keberadaan petugas Sudin Perhubungan di kawasan Gajah Mada – Khayam Wuruk, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, tidak ubahnya dengan patung.

Pasalnya, sejumlah jukir (juru pakir) liar yang mempersilahkan pengendara mobil parkir di pinggir jalan, seolah tidak peduli dengan keberadaan petugas.

Steven, 35, salah seorang pemilik mobil, mengaku dirinya hanya diarahkan petugas parkir untuk memarkirkan kendaraannya cukup di pinggir bahu jalan. “Saya pikir sudah ada yang ngarahin dan bertanggung jawab meski ada larangan parkirnya,” ucapnya, Selasa (5/3).

Meski tidak jauh dari lokasi parkir mobilnya terdapat petugas Dishub yang telah siap dengan kendaraan dereknya, namun warga Sunter, Jakarta Utara, tersebut merasa tidak risau. “Dari tadi juga saya perhatikan tidak ada pengendara yang ditilang petugas, padahal banyak yang parkir di pinggir jalan,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, pada pertengahan September 2012, menerapkan aturan pengapusan parkir di pinggir jalan atau parkir on the street di kawasan Gajah Mada – Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

Sementara itu, Kepala Seksi Operasional Pengawasan dan Pengendalian Sudin Perhubungan Jakarta Barat, Imam Slamet, mengatakan bahwa hampir setiap hari petugas melakukan penertiban terhadap kendaraan yang parkir sembarangan di pinggir jalan.  “Jadi tidak benar kalau ada anggapan petugas melakukan pembiaran,” tegasnya. (deny/d)