Friday, 20 September 2019

Tahun Ini Ada 50 Industri Komponen Otomotif Baru

Kamis, 7 Maret 2013 — 2:18 WIB
budi

INVESTASI industri komponen otomotif khususnya dari Jepang ke Indonesia terus meningkat. Tahun ini bakal ada 50 industri komponen otomotif baru di tanah air.

Beberapa produsen mobil asal Jepang tahun lalu membawa industri komponen masuk ke Indonesia. Toyota dan Daihatsu membawa 35 industri, Nissan sepuluh industri. Kata Direktur Jenderal Industri Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, baru-baru ini.

Negara lain yang sudah melakukan investasi dalam industri komponen mobil di Indonesia adalah Taiwan, Thailand, dan Malaysia. Tahun lalu secara keluruhan ada sekitar 200 industri dengan nilai investasi US$ 2,3 miliar – US$ 2,4 miliar. Investasi industri komponen otomotif dari Jepang tahun ini diperkirakan US$ 700 juta.

Lokasi pabrik komponen mobil dari Jepang akan didirikan di Cilegon atau Cikampek. Akan memproduksi moving parts, body, atau klaher. Satu perusahaan, bisa memproduksi dua hingga tiga produk komponen mobil.

Masuknya industri komponen mobil asing tidak akan mengganggu aktivitas industri lokal. Justeru menguntungkan karena mampu menyerap tenaga kerja. Diharapkan dapat mengurangi defisit impor dan memberi nilai tambah dalam negeri.  (bambang/ak)