Sunday, 18 November 2018

Hatta Rajasa: Pertumbuhan Ekonomi Sesuai Jalurnya

Jumat, 8 Maret 2013 — 19:57 WIB
hatta radjasa-b

YOGYAKARTA (Pos Kota)-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa memberikan kuliah umum di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Jumat sore, mengenai ekonomi Indonesia.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga saat ini sudah sesuai dengan jalurnya (on the track), meski masih masih berjalan lamban,” kata Hatta dalam kuliah umum bertema  “Kelas Menengah, Bisnis, dan Politik’ di Auditorium UGM Yogyakarta, Jumat (8/3).

Namun, Hatta dalam rilisnya, mengingatkan kita tetap perlu diwaspadai agar pertumbuhan ekonomi Indonesia tersebut jangan sampai terjebak pada pendapatan kelas menengah yang stagnan (middle income trap) seperti yang dialami negara-negara berkembang lainnya di belahan dunia.

Hatta mengatakan, saat ini Indonesia masuk dalam kategori 16 peringkat dunia dan masuk dalam kelompok G20. Salah satu pemicu tumbuhnya perekonomian Indonesia itu adalah semakin meningkatnya jumlah kelas menengah setiap tahunnya.

Bahkan, pada 2030 diprediksikan jumlah kelas menengah Indonesia akan mencapai 135 juta orang.

Namun, patut diakui, bahwa peningkatan jumlah kelas menengah di Indonesia itu belum diimbangi dengan kontribusi nyata kepada masyarakat berpenghasilan rendah dan masih terfokus di wilayah perkotaan.

Sementara, pakar ekonomi UGM Yogkakarta, Sri Adiningsih mengatakan, perangkap negara kelas menengah merupakan ancaman yang patut diwaspadai oleh Indonesia ke depan.

Sejumlah tantangan yang patut diwaspadai ke depan adalah ketimpangan pendapatan antarkelompok penduduk, kualitas manusia yang masih rendah, serta daya saing internasional yang juga masih rendah.

“Saya tentu berharap Indonesia ke depan dapat menjadi negara besar, maju, tidak kalah dengan negara-negara tetangganya,” ujarnya. (Johara/d)