Sunday, 18 November 2018

Malam Ini Hadapi West Bromwich

Swansea Berburu Tiket Berlaga di Kancah Eropa

Sabtu, 9 Maret 2013 — 15:50 WIB
swansa

WEST BROMWICH (Pos Kota) – Ajang pamer kekuatan bakal dilakoni dua tim kejutan Liga Primer Inggris saat West Bromwich Albion menjamu Swansea City dalam duel ‘baku hantam’ di The Hawthorns, Sabtu (9/3) malam nanti. Bagi Swansea, ini adalah kesempatan bagi mereka untuk membidik posisi keenam demi tiket berlaga di kancah Eropa musim depan dengan kesuksesan mereka sebagai jawara Capital One Cup atau Piala Carling.

Harus diakui, jika ini adalah musim terbaik bagi Swansea di bawah asuhan Michael Laudrup. Sukses menyabet trofi Piala Carling pasca melumat Bradford City 5-0, akhir Februari lalu, skuad Laudrup kini hanya butuh finis di urutan keenam teratas demi mengamankan tiket berlaga di panggung Eropa musim depan. Pun, usaha itu jelas bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, mereka masih harus bersaing dengan Everton, Liverpool, dan juga West Brom.

Dengan total 40 poin di tangga kedelapan klasemen Liga Primer, Swansea hanya unggul produktifitas gol di atas West Brom serta terpaut dua sampai lima angka di bawah Liverpool dan Everton. Swansea sendiri punya kesempatan memangkas jarak dengan Everton dan Liverpool pekan ini. Maklum, Everton akan berlaga di Piala FA menghadapi Athletic Wigan di putaran keenam, sementara Liverpool akan melakoni laga berat menghadapi Tottenham Hotspur di Liga Primer, satu hari berselang.

Syaratnya, tentu mereka harus bisa mencuri poin penuh kala menyambangi West Brom di The Hawthorns. Meski datang dengan modal positif pasca mengalahkan Newcasle United 1-0, Laudrup tetap saja tidak ingin meremehkan Wset Brom yang takluk 0-1 dari Cheslea, akhir pekan kemarin. Laudrup sadar betul bahwa West Brom sejatinya punya kualitas setara dengan tim-tim papan atas di Liga Primer. Apalagi Romelu Lukaku sudah bisa memperkuat West Brom meski berada di bangku cadangan.

“Ini adalah pertemuan dua tim kejutan yang akan bakal saling baku hantam. West Brom sesungguhnya punya kemampuan yang sama seperti tim-tim papan atas di liga. Mereka memiliki talenta dan kecepatan di lini depan dengan adanya Romelu Lukaku dan kami mengetahui hal itu, terutama dalam hal transisi dan serangan balik. Selain itu, mereka juga kuat saat bermain di kandang, jadi kami harus hati-hati,” kata Laudrup seperti dikutip Yahoo Sport.

Lukaku sendiri menjadi satu-satunya pencetak gol West Brom saat kalah 1-3 pada pertemuan pertama di Stadion Liberty. Musim lalu Swansea mampu mengalahkan West Brom 2-1 di The Hawthorns. Pada laga lainya, Norwich City menjamu Southampton, Queens Park Ranggers kontra Sunderland, dan Reading versus Aston Villa. Sedangkan laga West Ham United vs Manchester United, Manchester City vs Wigan Athletic, dan Fulham vs Chelsea, semuanya ditunda karena bentrok dengan jadwal Piala FA. (junius)

West Bromwich v Swansea City
Sabtu (9/3), 22:00 WIB
The Hawthorns

REKOR PERTEMUAN:
29-11-12, Swansea v West Brom 3-1
04-02-12, West Brom v Swansea 1-2
17-09-11, Swansea v West Brom 3-0
17-03-10, Swansea v West Brom 0-2

PRAKIRAAN PEMAIN:
West Brom (4-2-3-1): Foster (g); Reid, Olsson, McAuley, Ridgewell; Yacob, Mulumbu; Morrison, Dorrans, Odemwingie; Long.
Swansea (4-5-1): Vorm (g); Rangel, Williams, Monk, Davies; Hernandez, Britton, Routledge, De Guzman, Dyer; Michu.