Sunday, 23 September 2018

Ormas Cegah Perpecahan di Bamus Betawi

Minggu, 10 Maret 2013 — 20:46 WIB
Bamus Betawi Cengkareng-n

CENGKARENG (Pos Kota) – Akibat deadlock (jalan buntu) dalam penyelenggaraan Mubes ke-6 Bamus Betawi beberapa waktu lalu, sejumlah elemen organisasi masyarakat (ormas) Betawi mengadakan pertemuan untuk menyelematkan Bamus Betawi dari perpecahan.

Mereka menentang penentuan Ketum Bamus Betawi dipilih oleh Majelis Tinggi yang berjumlah 9 orang. Hal itu dianggap sangat tidak lazim, makanya mereka menuntut agar pemilihan dilakukan secara langsung.

“Adanya upaya pemilihan Ketum Bamus Betawi lewat Majelis Tinggi, sangat tidak demokratis. Sekarang ini Ketua RT saja dipilih secara langsung, masak Ketum Bamus Betawi bakal ditentukan segelintir orang,” tolak Ketum Ormas Betawi Cengkareng (Beceng), HR. Chotibi Achyar dalam pertemuan musyawarah di Pendopo ‘Beceng’ Cengkareng, Jakbar, Minggu (10/3).

Sedangkan H. Oding, salahsatu tokoh yang diwacanakan menduduki Ketum Bamus Betawi mendatang, meminta agar pelaksanaan Mubas ke-6 ditinjau ulang.

“Mubes perlu¬† terus dilanjutkan dengan mengembalikan pada pemilik kedaulatan yakni 68 Ormas di bawah Bamus Betawi,” tegasnya.

Bamus Betawi Cengkareng

Tokoh Betawi HR. Chotiby Achyar, H. Oding dan KH. Qomaruddin Darif saat pertemuan musyawarah di Pendopo Beceng di Cengkareng, Minggu (10/3). (santosa)

 H. Oding juga meminta agar semua pihak bisa mengerem diri agar tidak terjadi perpecahan dalam tubuh Bamus Betawi.

“Ke depan perlu ada paradigma baru. Semua itu dalam rangka tanggungjawab kita semua pada kota Jakarta,” jelas H. Oding yang siap menghibahkan jiwabnya demi kemaslahatan dalam Bamus Betawi ke depan.

Sementara itu KH. Qomaruddin Darif, tokoh Betawi yang ikut hadir dalam pertemuan musyarawah yang dihadiri sebagain besar Ormas Betawi tersebut, khawatir terjadi perpecahan dalam tubuh Bamus Betawi.

“Saya punya kewajiban untuk mencegah hal-hal yang salah. Maka itu, saya ingin berusaha mencari Ketum Bamus Betawi yang netral, bisa dari tokoh tua atau muda. Yang penting bisa diterima semua elemen Ormas di bawah binaan Bamus Betawi,” tegasnya. (santosa/d)

 

  • fadli

    preeetttt… kumpulan orank tolol semua

    • bambang6274

      super sekali…!

  • surghani

    BAMUS BETAWI MILIK SIAPA? MILIK PARTAI DEMOKRAT? MILIK SIAPAPUN YANG LAGI BERKUASA? ATAWA MILIK ORANG BETAWI? UJUNG2NYA KAN KESEJAHTERAAN UMAT. BUKAN PENGURUS.? JAUHI MACEM2.JAUHI AZAB KUBUR. SELENGGARAKAN YANG ADIL SESUAI RAHMATAN LIL ALAMIN. JALANKAN APA2 HASIL PENGAJIAN. BUKAN YANG LAIN.