Wednesday, 26 September 2018

Jalan Raya Cikidang Rawan Kecelakaan

Selasa, 12 Maret 2013 — 7:39 WIB
cikidang123

SUKABUMI (Pos Kota) – Ruas jalan alternatif Cikidang yang menghubungkan Sukabumi utara dengan pusat ibukota Pelabuhanratu rawan terjadi kecelakaan lalu-lintas (laka-lantas). Pasalnya, ruas jalan tersebut selain banyak turunan dan tanjakan juga banyak belokan cukup tajam. Maka itu, kendaraan besar seperti bus dan truk diimbau tidak melintasi jalan tersebut.

Berdasarkan catatan Satlantas Polres Sukabumi, sampai awal tahun ini saja sudah terjadi dua kecelakaan yang melibatkan bus di jalur Cikidang. Pertama, pada 27 Desember bus pariwisata berpenumpang puluhan orang terguling dan nyaris masuk jurang. Dalam laka lantas tunggal tersebut tak memakan korban jiwa.

Kedua, yakni akhir pekan lalu bus pariwisata kembali terguling. Beruntung tak memakan korban jiwa dan hanya melukai seorang penumpang.

Kasat Lantas Polres Sukabumi, AKP Zainul Arifin mengakui ruas jalan alternatif Cikidang merupakan salah satu kawasan yang rawan terjadinya laka-lantas. Maka itu, pihaknya mulai pintu masuk sudah memasang himbauan agar berhati-hati melewati jalan tersebut.

Untuk mengantisipasi laka lantas, kata Zaenul, bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dilaksanakan pemeriksaan kelayakan jalan kendaraan bus umum secara rutin.

“Pada pekan lalu kita merazia bersama-sama di Terminal Cibadak. Hasilnya ada empat bus ditemukan tidak layak jalan. Keempat bus tersebut menggunakan ban vulkanisir dan sudah tipis. Ini langkah mengantisipasi terjadiny laka lantas,” tandasnya. (sule)

TEKS : Pintu masuk dari jalur protokol ke ruas jalan alternatif Cikidang di Kecamatan Cibadak yang masuk wilayah rawan laka lantas di Sukabumi.