Paus yang Baru dari Argentina Terpilih

Kamis, 14 Maret 2013
Newly elected Pope Francis, Cardinal Jorge Mario Bergoglio of Argentina appears on the balcony of St. Peter's Basilica at the Vatican

VATIKAN – Kardinal Jorge Mario Bergoglio, Uskup Agung Buenos Aires, terpilih sebagai Paus yang Baru. Pilihan ini dianggap mengejutkan karena ini adalah untuk kali pertamanya Paus berasal dari benua Amerika.

Newly elected Pope Francis I, Cardinal Jorge Mario Bergoglio of Argentina appears on the balcony of St. Peter's Basilica at the Vatican

Terpilihnya Kardinal Bergoglio sebaga Paus yang baru menandai kehadiran Paus non Eropa di era modern – Reuters.

Kardinal Bergoglio memilih nama Paus Franciskus I untuk menandai kedudukan barunya sebagai Uskup Roma, pemegang Tahta Suci Vatikan yang ke 266.

“Sebelum memberkati Anda, saya meminta Anda, maukah memberkati saya?” katanya, kepada umat Katolik yang berkumpul di lapangan Saint PetersBasilica Vatikan sebagaimana dilaporkan CNN.

Dikenal sebagai intelektual Yesuit yang sederhana karena gemar bepergian dengan menggunakan bus dan mempunyai pendekatan praktis untuk mengentaskan kemiskinan, Uskup Agung Buenos Aires ini melarang ratusan orang Argentina yang hendak pergi ke Roma untuk merayakan pengangkatannya sebagai Kardinal dan menghimbau kepada mereka yang akan pergi untuk mendonasikan uang tiketnya bagi orang miskin.

Faithful cheer as newly elected Pope Francis I, Cardinal Jorge Mario Bergoglio of Argentina, appears on the balcony of St. Peter's Basilica at the Vatican

Di tengah udara dingin ribuan umat Katolik larut dalam suka cita di lapangan Saint Peter Basilica – Vatikan,  menyambut terpilihnya mantan Kardinal Argentina sebagai Paus Fransiscus I . -  Reuters

Kardinal Bergoglio adalah penentang keputusan kebijakan pemerintah Argentina yang melegalisasi perkawinan sejenis pada tahun 2010, memperjuangkan hak tumbuh dan pendidikan anak dalam bimbingan orang tua.

Gergoglio diangkat menjadi Kardinal oleh Paus Yohannes Paulus ke II pada 21 Februari 2001.

Paus Fransiskus 1 lahir di Buenos Aires tanggal 17 Desember 1936, lima bersaudara anak dari pekerja kereta api keturunan Italia. Menempuh pendidikan tinggi hingga beroleh gelar master dalam bidang kimia di Universitas Buenos Aires dan kemudian masuk ke seminari untuk menempuh pendidikan immamat.

Newly elected Pope Francis, Cardinal Jorge Mario Bergoglio of Argentina, appears on the central balcony of Saint Peter's Basilica after being elected

Sosok Paus yang baru  dikenal dengan kerendahan hatinya, konservatif, doktrinal dan mempunyai komitmen untuk keadilan. – Reuters.

Dia bergabung dengan Serikat Yesus pada tanggal 11 Maret 1958 dan ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 13 Desember 1969 oleh Uskup Agung Ramon Jose Castellano. Paus Fransiskus 1 juga mendalami bidang filsafat dan teologi juga sastra serta psikologi.

Karena kepemimpinannya yang kuat oleh Serikat Yesus, Paus Fransikus 1 dipromosikan sebagai provinsial Yesuit di Argentina pada tahun 1973 s/d 1979. Tahun 1980 menjadi rektor di Seminari San Miguel, lalu melanjutkan studi doktoral di Jerman dan kembali ke Argentina untuk melayani sebagai Direktur pengakuan dan spiritual di Cordoba.

Tak lama kemudian diangkat menjadi Uskup Agung Buenos Aires pada tahun 1998 dan di tahun 2001 merangkap menjadi Uskup untuk Gereja Katolik Ritus Timur di Argentina yang tidak mempunyai uskup.

Pada masa kepemimpinan Paus Yohannes Paulus ke II, ditunjuk sebagai Kardinal untuk posisi administrasi di Kuria Romana.

Sosoknya dikenal dengan kerendahan hatinya, konservativ doktrinal dan mempunyai komitmen untuk keadilan. Gaya hidupnya yang sederhana semakin meningkatkan reputasi kerendahan hatinya. Tinggal di sebuah apartemen kecil meski bisa diam di rumah uskup yang megah. Bahkan konon dikabarkan sering memasak sendiri makanannya. (cnn/d)

 

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.