Friday, 21 September 2018

63 Warga Keracunan Massal

Minggu, 17 Maret 2013 — 17:04 WIB
racun2

SUKABUMI (Pos Kota) – Sedikitnya 63 warga Kampung Selagadang RT 07/02, Desa Pangkalan, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat keracunan massal. Mereka mengalami gejala seperti mual-mual, lemas, dan pusing usai menyantap makanan berupa nasi kotak  di sebuah acara ulang tahun warga setempat.

Peristiwa keracunan tersebut sudah mulai terjadi sejak Sabtu (16/3) sore. Mereka terpaksa harus mendapatkan perawatan medis di puskesmas setempat. Bahkan, hingga Minggu (17/3) beberapa di antaranya terpaksa harus dilarikan ke RUSD Sekarwangi untuk menjalani perawatan karena kondisinya kian parah.

Kepala Seksi Pengamatan dan Pencegahan Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi, Sri Yasti, Minggu (17/3) menerangkan mayoritas warga yang  dirawat di puskesmas dan kini telah diperbolehkan pulang ke rumahnya masing-masing karena kondisinya telah membaik.

“Begitu mendengar kabar adanya keracunan massal, dinkes langsung posko penanggulangan korban keracunan di lokasi kejadian. Tujuannya untuk mempercepat penanganan korban keracunan dan dinkes telah menyiapkan tenaga medis dan obat-obatan,” terang Sri kepada Pos Kota.

Penyebab keracunan, kata Sri, dinkes masih menelusurinya. Akan tetapi dari keterangan korban, mereka merasakan gejala keracunan usai mengkonsumsi makanan yang dibagikan dalam acara ulang tahun warga setempat, Jumat (15/3).
“Dari dugaan sementara keracunan massal ini disebabkan makanan dari acara ulang tahun. Di dalam makanan yang dibagikan berisi nasi, kentang dan daging ayam. Namun bumbunya sudah jadi karena dibeli dari pasar,” ungkapnya.
Akan tetapi, dinkes cukup kesulitan untuk memastikan makanan yang menyebabkan keracunan. Pasalnya, sampel makanan yang diduga menjadi penyebab keracunan itu sudah habis.

“Kami hanya memproses penyelidikan penyebab keracunan dengan mewawancarai warga yang mengetahui peristiwa itu. Soalnya sampel makanan yang akan kita uji sudah habis,” cetusnya.
Dari catatan Pos Kota, peristiwa serupa juga terjadi Februari lalu di Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi. Waktu itu, dilaporkan 359 warga keracunan usai menyantap makanan di sebuah resepsi hajatan salah seorang warga.

(sule/sir)

 
Teks Gbr- Beberapa korban keracunan makanan tengah menjalani perawatan medis di RSUD Sekarwangi, Minggu (17/3).