Uang Kuliah di IPB Rencananya Rp 8 Juta Persemester

Minggu, 17 Maret 2013
ipb173

JAKARTA (Pos Kota)- Institut Pertanian Bogor (IPB) menetapkan plafon Uang Kuliah Tunggal (UKT) berkisar antara Rp 0 hingga Rp 8 juta permahasiswa setiap semesternya. Penetapan UKT tersebut dikatakan Rektor IPB Hery Suhardiyanto masih bersifat sementara, sambil menunggi keputusan pemerintah terkait UKT perguruan tinggi negeri.

“UKT masih kita godog terus tetapi plafon sementara antara Rp 0-Rp 8 juta,” jelasnya dalam temu media, kemarin.

Ia belum bisa menetapkan plafon tersebut sebagai kebijakan tetap kampus mengingat keputusan dari pemerintah soal UKT belum juga muncul. “Kita ingin perhitungan UKT memiliki formula yang sama dengan pemerintah dalam hal ini Kemendikbud,” lanjutnya.

Menurut Herry, UKT positif dalam menghapus pungutan kepada mahasiswa pada awal masuk perkuliahan. Karena melalui UKT nantinya angka yang dikontribusikan mahasiswa sama setiap semesternya. Hal itu dilakukan untuk menghindari uang pangkal yang memberatkan mahasiswa.

Pada waktunya, lanjut Rektor, IPB akan menerapkan UKT dalam beberapa kategori sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua mahasiswa.”Namun bila UKT mengharuskan satu angka maka kami akan pilih angka maksimal dengan potongan dan subsidi bagi mahasiswa,”cetusnya.

Menurut Herry, sebelum UKT, IPB telah lama menerapkan subsidi silang,dengan prinsip bagi mahasiswa yang orang tuanya berpenghasilan rendah membayar lebih rendah,sebaliknya mahasiswa yang orang tuanya berasal dari kalangan lebih mampu membayar lebih tinggi.

Untuk itu, IPB memberi keringanan sekitar 20 persen bagi mahasiswa yang penghasilan orangtuanya di bawah Rp 1 juta perbulan dan 40 persen bagi mahasiswa yang orang tuanya berpenghasilan antara Rp 1- Rp 2 juta per bulan,serta 30 persen melalui beasiswa bidik misi

Terkait penerimaan seleksi nasional masuk PTN (SNMPTN) tahun ini jumlah pendaftar IPB sebanyak 26 ribu orang. Dari jumlah tersebut, IPB hanya akan menerima sekitar 2000 mahasiswa. Mereka akan diterima melalui jalur SNMPTN< Seleksi Bersama Masuk PTN (SBPTN), dan seleksi bidik misi.

Dijelaskan peminat pendaftar calon mahasiswa ke IPB setiap tahunnya menunjukan trend peningkatan peminat. Pada 2011 pendaftar sebanyak 15.111 orang ,2012 sebanyak 17.964 dan 2013 sebanyak 26 ribu pendaftar. (inung)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.