Kamis, 21 Maret 2013 09:42:35 WIB

Kualitas Etios Tak Perlu Diragukan

etios

KEHADIRAN mobil-mobil produk Toyota, tampaknya benar-benar ditunggu konsumen Indonesia. Selain citra dari merek yang tinggi, kualitasnya juga tidak perlu diragukan lagi. Apalagi bila harganya cukup ‘miring’.

Itulah yang terlihat ketika PT Toyota Astra Motor memperkenalkan produk anyarnya, Toyota Etios Valco yang bermesin 1.200 CC. Antusias positif konsumen untuk memiliki mobil yang dijual dengan harga (on the road Jakarta) mulai Rp135,5 juta (tipe J), Rp149,9 juta (tipe E) dan yang tertinggi Rp161,6 juta untuk tipe G.

Pada saat peluncuran, Etios langsung diserbu pembeli. Dalam waktu tiga jam saja, sekitar 600 unit Etios Valco langsung dipesan para undangan yang hadir. Tidak hanya itu. Ketika test drive di kawasan parkir Timur Senayan, pengunjung membludak. Mereka ingin menikmati mobil murah dari Toyota itu.

“Etios Valco diproduksi di Indonesia, dengan kandungan lokal dan impor 50 banding 50 persen. Khusus mesinnya, memang masih diimpor dari Jepang,” jelas Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Djoko Trisanyoto, yang ditemui di arena test drive Parkir Timur Senayan, Jakarta, pekan lalu.

Ia menjelaskan, Etios yang diproduksi di Indonesia telah disesuaikan dengan kondisi orang Indonesia, sehingga jauh berbeda dengan yang ada di India atau Brazil. “Dengan harga yang cukup murah, dan kualitas yang bagus, maka kami yakin masyarakat akan menerimanya dengan baik,” ujar Djoko. Target penjualan Etios hingg akhir tahun mendatang sebanyak 2.000 unit per bulan.

Dalam test drive tersebut pihak Toyota menyiapkan trek khusus berupa labirin, yang dilengkapi dengan sarana ‘polisi’ tidur, dan trek lurus untuk sekedar mencoba kecepatan tinggi.

CUKUP NYAMAN

Performa Etios yang mengusung mesin 3NR-FE, 4 silinder, 16 Valve DOCH dengan lima percepatan, memang cukup memadai dan memberi kenyamanan untuk mobil jenis City Car itu. Dan tentunya sangat pas untuk dikendarai di kota-kota besar seperti Jakarta. Suspensinya yang nyaris seperti Toyota Yaris. Sehingga, bila melalui jalan bergelombang atau melewati polisi tidur, tetap nyaman.

Jok bagi penumpang bagian depan dan jok pengemudi telah disesuaikan dengan postur tubuh orang Indonesia, sehingga terasa pas ketika diduduki. Kursi bagi pengemudi juga memberi kenyamanan tersendiri. Kendati perjalanan jauh, tidak cepat penat.

Cabin bagian depan dilengkapi dual air bag (dua kantung udara) baik bagi pengemudi maupun penumpang di kursi depan. Keberadaan dual air bag itu, tentunya menjadi ‘kemewahan’ tersendiri.

Beberapa pengunjung yang mengikuti test drive mengakui, kenyamanan saat mengemudikan Etios Valco.    “Saya merasakan seperti naik Yaris saja,” ujar Andri, pengunjung.

Etios Valco yang memiliki dimensi panjang 3.775 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm, dengan harga termurah Rp 135,5 juta (tipe J) hanya kalah bersaing dengan Kia Picanto yang dijual dengan harga termurah Rp129,5 juta. Namun, Etios jauh lebih murah dibandingkan mobil-mobil sekelasnya. Seperti Mitsubishi Mirage, Honda Brio, Nissan March maupun Daihatsu Sirion. (bambang/ak)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.