Friday, 21 September 2018

Spanyol Jadikan Finlandia Alat Ukur

Jumat, 22 Maret 2013 — 8:36 WIB
ilussapin

Spanyol vs Finlandia

Siaran Langsung RCTI
Sabtu (23/3), 02:45 WIB
Stadion Municipal El Molinon

GIJON (Pos Kota) – Juara bertahan, Tim Matador  Spanyol akan mengawali usahanya dalam mempertahankan gelar juara dunia saat menjamu Finlandia dalam lanjutan babak penyisihan Pra Piala Dunia 2014 Zona Eropa di Stadion Municipal El Molinon, Sabtu (23/3) dinihari nanti. Meski beda kasta, namun arsitek Tim Matador, Vicente Del Bosque tidak memandang sebelah mata kekuatan Finlandia.

Seperti yang diketahui, saat ini, Spanyol masih memimpin Grup I dengan koleksi tujuh poin dari tiga laga dan hanya unggul produktivitas gol dari Prancis di tempat kedua yang akan menjamu Georgia pada hari yang sama. Sedangkan Finlandia masih menjadi juru kunci dengan raihan satu angka dari dua laga dan terpaut tiga angka di bawah Gerogia yang sudah melakoni empat laga di tempat ketiga.

Meski difavoritkan keluar sebagai pemenang, namun Del Bosque memandang, bukan perkara mudah bagi Spanyol bisa memetik kemenangan dari tangan Finlandia.
Menurut  Del Bosque partai kontra Finlandia merupakan ajang untuk mengukur kemampuan sebelum jumpa Prancis empat hari kemudian. Tambahan tiga angka saat jumpa Finlandia membuat Spanyol memiliki peluang menjauh dari kejaran Prancis.

Karena itu, dia tidak ingin Juan Mata dan kawan-kawan gagal meraih poin penuh saat melawan Finlandia di hadapan publik Spanyol. “Saya cemas mengenai pertandingan di Gijon pada 22 Maret 2013. Kami perlu berada dalam bentuk terbaik untuk mengamankan poin penuh,” kata Del Bosque yang juga menjamin tidak adanya masalah yang dihadapi skuad asuhannya jelang pertandingan nanti, seperti dikutip Football Espana.

TANPA TORRES

Menghadapi Finlandia, Del Bosque kemungkinan tidak masukkan striker Chelsea, Fernando Torres. Inkonsistensi performa Torres bersama Chelsea disebut-sebut menjadi alasan utama Del Bosque enggan membawa pemain berjuluk El Nino tersebut pada laga nanti.
“Tim selalu merespon dengan baik situasi ini. Kami punya para pemain yang bagus dan kami harus benar-benar tampil dengan para pemain yang berada dalam performa yang bagus,” lanjutnya.

Di sisi lain, menghadapi Spanyol, jelas bukan pekerjaan mudah bagi Finlandia. Untuk itu, pelatih Mixu Paatelainen mengharapkan para pemainnya bisa bermain lepas. Terakhir kali kedua tim bersua dalam laga ujicoba bulan Oktober 2007 silam. Saat itu Finlandia mampu menahan Spanyol tanpa gol. “Kami tidak punya target apa pun di laga nanti, tapi kami akan membuat Spanyol kesulitan untuk menang,” tegas Paatelainen seperti dikutip Super Sport. (junius/si/o)

REKOR PERTEMUAN:
18-10-07, Finlandia vs Spanyol 0-0
30-11-94, Spanyol vs Finlandia 2-0
02-06-94, Finlandia vs Spanyol 1-2
15-10-69, Spanyol vs Finlandia 6-0

PRAKIRAAN PEMAIN:
Spanyol (4-3-3): Victor Valdes (g); Alvaro Arbeloa, Sergio Ramos, Gerard Pique, Jordi Alba; Xabi Alonso, Sergio Busquets, Andres Iniesta; David Silva, David Villa, Cesc Fabregas.
Finlandia (4-3-2-1): Lukas Hradecky (g); Jukka Raitala, Joona Toivio, Niklas Moisander, Kari Arkivuo; Tim Sparv, Alexander Ring, Perparim Hetemaj; Roman Eremenko, Teemu Tainio; Mikael Forssell