Friday, 21 September 2018

Matador Ditahan Finlandia 1-1, Del Bosque Tatap Prancis

Sabtu, 23 Maret 2013 — 10:54 WIB
finlandia

GIJON (Pos Kota) – Tim ‘Matador’ Spanyol gagal meraih poin sempurna setelah hanya mampu bermain imbang 1-1 menjamu Finlandia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa di Stadion El MolinĂ³n, Sabtu (23/3) dinihari tadi. Pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque mengakui jika faktor kehilangan kontrol menjadi penyebab utama Tim Matador gagal meraih kemenangan dalam laga tersebut.

“Sepertinya mustahil kami meraih hasil imbang setelah mendikte di kedua babak. Kami terorganisasi, tapi segalanya pada akhirnya lepas dari kendali kami. Kami seharusnya lebih sukses di depan gawang, tapi kami kekurangan kemampuan untuk mencetak gol kedua. Finlandia mengunci pertahanan dengan baik, dan membuat hal yang tak terpikirkan terjadi,” aku Del Bosque usai pertandingan seperti dikutip laman resmi FIFA.

Dalam laga tersebut, Spanyol yang sukses mendominasi permainan sejak awal laga, sebenarnya mampu membuka keunggulan lebih dulu lewat gol Sergio Ramos di menit ke-49. Namun Finlandia berhasil menyamkan kedudukan menjadi 1-1, berkat gol Teemu Pukki di menit ke-79. Dengan hasil itu, Tim Matador harus tergeser ke urutan kedua Grup I dengan delapan poin dari empat laga. Skuad Del Bosque terpaut dua angka dari pimpinan grup Prancis yang menang 3-1 atas Georgia pada hari yang sama.

Untuk itu, Del Bosque berharap timnya bisa bangkit dan kembali mencuri tampuk pimpinan Grup I saat menyambangi Prancis, Rabu (27/3) dinihari besok. “Masih ada empat laga untuk dimainkan, dan empat hari untuk bersiap menghadapi Prancis. Perjalanan masih panjang,” harap Del Bosque.

Sebaliknya, hasil imbang ini membuat Finlandia tetap menjadi juru kunci Grup I degan total dua angka dari tiga laga. Skuad besutan Mixu Paatelainen itu terpaut dua angka di bawah Georgia yang menempati urutan ketiga dan sudah melakoni lima laga, disusul Belarusia di posisi keempat dengan tiga angka dari empat laga. Pada laga lainnya, Bosnia-Herzegovina masih kokoh memimpin Grup G setelah menggilas Yunani 3-1. Selanjutnya, Liechtenstein kontra Latvia dan Slowakia versus Lithuania, berakhir imbang 1-1.

Di Grup F, Portugal ditahan tuan rumah Israel 3-3 dan Luxembourg ditahan tamunya Azerbaijan tanpa gol. Di Grup E, Slovenia kalah 1-2 dari Islandia dan Norwegia takluk 0-1 dari Albania. Di Grup B, Bulgaria bantai Malta 6-0 dan Republik Ceko menyerah 0-3 dari Denmark. Di Grup A, Belgia dan Kroasia masih memimpin di posisi teratas dengan 13 angka. Belgia tekuk tuan rumah Makedonia 2-0 dan Kroasia bungkam tamunya Serbia 2-0. Sementara Wales di posisi ketiga dengan enam angka, menang 2-1 atas Skotlandia.

(junius/sir)