Selasa, 26 Maret 2013 08:56:56 WIB

Pelajar Jepang Fasih Nyanyi ‘Indonesia Raya’

pelajar-jepang

MAKASAR (Pos Kota) – Pelajar Jepang fasih menyanyikan lagu Indonesia Raya saat melakukan kunjungan ke SDN Makasar 06, Jakarta Timur, kemarin (25/3). “Nggak nyangka, Mereka fasih dan sangat bersemangat saat menyanyikan Indonesia Raya,” kata Sugeng Sulistya, M. MPd, Kepala SDN Makasar 06.

Kunjungan dalam rangka APCC (Asian Pasific Children’s Convention) in Fukoka tersebut diawali dengan penyambutan ratusan murid SD di jalan masuk yang persis di depan Kantor Kecamatan Makasar ini. Dengan bendera kedua Negara, ratusan murid berteriak ‘selamat datang’.

Rupanya, sambutan ini mengesankan para tamu yang berjumlah 15 pelajar serta belasan pendamping. Rombongan yang dipimpin Shinichiro Muta (leader) tak bisa menyembunyikan keharuan. “Saya sangat terkesan dengan penyambutan ini,” kata Shinichiro.

Saat awal acara dimana murid SDN menyambut dengan lagu Indnesia Raya, pelajar Jepang itu langsung berdiri dan ikut menyanyikan bersama. Mereka tampak sangat menikmati penyambutan dan menyanyikan lagu ini.
TAMPIL DI PANGGUNG
Nagara, 12, pelajar, bahkan bisa menyanyikan Indonesia Raya tanpa salah ketika tim dari pelajar Jepang ini tampil di panggung.

“Ini sebuah motivasi bagi kami dan anak didik agar bisa lebih giat dan bisa membalas berkunjung ke Jepang,” kata Sugeng. “Para pelajar ini juga akan home stay (tinggal) bersama keluarga Indonesia selama lima hari.”

Penyambutan tim SDN Makasar 06 yang menampilkan atraksi karawitan, kesenian reog dan juga atraksi ilmiah mendapat sambutan meriah. Selain itu, pelajar juga disuguhi kuliner khas Indinesia dan Jepang. (chotim/st)

Teks: Pelajar Jepang berfoto bersama Kepala Sekolah SDN Makasar 06, Sugeng Sulistia, dalam rangka APCC atau pertukaran pelajar. (chotim)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.