Ada Sidang Keliling Akta Kelahiran di Bogor

Rabu, 27 Maret 2013
Vonis

BOGOR (Pos Kota) – Bagi warga Kabupaten Bogor  yang telat mengurus akta kelahiran bakal menghadapi sidang. Pasalnya, PN Cibinong mulai besok (Kamis (28/3) akan melakukan sidang keliling  ke kantor desa di 417 desa di Kabupaten Bogor.

Sidang akta kelahiran

Wakil Kepala PN Cibinong (kanan) bersama Sekda Nurhayanti membahas program sidang keliling akta kelahiran. (iwan)

Program One Stop Shop  Sidang Keliling Terpadu Permohonan Akta Kelahiran ini merupakan kerjasama antara PN Cibinong dengan Pemkab Bogor.

Program  jemput bola ini dalam upaya membantu  masyarakat tentang pencatatan kelahiran yang melewati batas satu tahun.

“Warga yang telat mencatatkan kelahiran anaknya, tak usah repot-repot datang ke pengadilan karena kami yang jemput bola,” kata Dewi, Wakil Kepala PN Cibinong Rabu.

Menurutnya, penduduk Indonesia peringkat terbawa dalam pencatatan kelahiran lantaran ketidaktahuan, sehingga banyak anak yang lahr tanpa akta kelahirn.

“Nah sesuai UU. No.23 Tahun 2006 tentng pencatatan sipil, maka harus ada pengadilan bila lewat batas setahun untuk mendapatkan akta kelahiran,” jelasnya.

Untuk mensukseskan program ini Sekda Kabupaten Bogor Nurhayanti mengatakan, sudah mengeluarkan surat edaran ke seluruh camat dan aparatur desa agar mengiventaris warganya belum  mempunyai akta kelahiran. “Manfaatkan program ini sebab gratis,” katanya.

Sedangkan persyaratannya; mengajukan surat permohonan ke PN Cibinong,  KTP suami atau istri,  kartu keluarga, surat keterangan lahir  dari bidan atau keala desa, ijzaah, dan buku nikah. Jika tak ada buku nikah, bagi muslim isbath ke Pengadiln Agama, non-muslim mengajukan pencatatan perkawinan di catatan sipil. (iwan/d)

 

 

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.