Wednesday, 26 September 2018

Komplotan Pembobol Kartu ATM Dibekuk

Rabu, 27 Maret 2013 — 11:56 WIB
pelaku

PASAR MINGGU (Pos Kota) – Empat anggota kawanan pembobol kartu ATM yang beraksi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dibekuk polisi, Selasa (26/3) sore.

Dari tangan tersangka Dedi Susanto, 23, Reza Pradika, 23, Bambang Azhari, 23, dan Danu, 23, disita 6 buah kartu ATM, uang tunai Rp900 ribu, 3 HP dan 3 buah kunci lemari,

Kapolsek Pasar Minggu, Kompol Adri Desas Furyanto menyatakan, dalam melancarkan aksinya para pelaku menguras uang korban dengan membobol sistem securiti Personal Identification Number (PIN) dan digunakan untuk transaksi perbelanjaan maupun tarik tunai.

Awal terungkapnya kasus ini bermula saat kartu ATM korban Abdul Fatah tertelan. Korban kemudian melapor ke Polsek Pasar Minggu untuk membuat surat kehilangan.

Ternyata korban mendapat telepon dari call center Bank Mandiri bahwa dari kartu ATM miliknya terjadi transaksi sebesar Rp5 juta.

Setelah diselidiki, ternyata transaksi tersebut terjadi di mesin ATM Circle K Jalan Raya Ragunan, Pasar Minggu. Korban langsung mendatangi minimarket tersebut dan menayakan kebenaran soal prin out yang diberikan dari Bank Mandiri.
Abdul Fatah pun menitip pesan, jika pelaku datang agar beritahu dirinya.
Saat sedang membuat laporan, korbanĀ  ditelpon Circle K yang mengabarkan pelaku sedang melakukan transaksi.

Petugas bersama korban datangi Circle K dan membekuk 3 pelaku berikut barang bukti.

“Kami masih memburu dua pelaku lain berinisial IM dan AK. Keduanya merupakan otak komplotan tersebut. Pelaku kami kenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman kurungan 7 tahun penjara,” kata kapolsek.

(tiyo/sir)