Friday, 20 September 2019

Libur Panjang, Jalur Puncak Macet

Sabtu, 30 Maret 2013 — 13:18 WIB
cakmat303

BOGOR (Pos Kota) – Libur panjang Paskah, mengakibatkan jalur menuju kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat macet panjang, mulai dari Kamis (28/3) hingga Sabtu (30/3) siang ini.

Waktu libur yang dipergunakan sebagian warga Jakarat dan sekitarnya untuk berlibur ke Cisarua, Puncak, membuat petugas memberlakukan sistim buka tutup dengan pengaturan rekayasa lalulintas.

Arus lalu lintas dari dan menuju Jalan Raya Puncak yang selalu macet tiap hari libur nasional atau Sabtu-Minggu. Ironisnya, walau macet, warga ingin tetap ke kawasan ini setiap Sabtu tiba atau libur lainnya.

Terpantau kepadatan arus lalu lintas terjadi mulai dari Gerbang Tol Ciawi hingga KM 81 Jalan Raya Puncak. Pasalnya, kepadatan terjadi sejak pukul 7.00 hingga 9.00.

Kondisi tersebut membuat petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor kewalahan dalam mengatur dan mengantisipasi kemacetan parah. “Kita berlakukan one way (satu jalur), hingga saat ini sudah dua kali, pada pukul. 9.00 dan 10.00. One way diberlakukan selama dua jam. Pada pukul 11.00, jalur kembali normal dua arah,”kata Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Edwin Affandi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, titik-titik kemacetan tersebut yakni selain sebelum Gerbang Tol Ciawi, juga terjadi dibeberapa persimpangan yakni simpang Gadog, Megamendung, Taman Wisata Matahari (TWM), Pasar Cisarua dan Taman Safari Indonesia (TSI).

“Untuk kendaraan yang datang dari Puncak maupun ke Cianjur sebagian kita tutup di Riung Gunung.
Kita lebih memprioritaskan kendaraan yang datang dari arah Jakarta,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selain menerapkan one way, pihaknya juga melakukan sosialisasi terhadap pengguna jalan agar tertib dan tidak saling mendahului saat antrean kendaraan menuju Puncak terjadi. (yopi)

Teks : Arus lalulintas ke Puncak Bogor macet sejak Kamis lalu

  • asik

    indonesia itu emang negara kaya, rakyatnya liburan terus