Wednesday, 18 October 2017

Menteri Pertanian Panen Cabai Rawit di Sukabumi

Sabtu, 30 Maret 2013 — 16:58 WIB
mentan-panen

SUKABUMI (Pos Kota) – Menteri Pertanian (Mentan), Suswono panen cabai merah di Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (30/3) siang. Sebelum panen, Suswono mengunjungi Pasar Cisaat untuk memantau harga komoditas pangan terutama cabai merah, bawang merah, dan bawang putih.

Hadir dalam acara panen tersebut Wakil Bupati Sukabumi, Akhmad Jajuli bersama unsur muspida lainnya.

Suswono mengatakan cabai itu ada lima jenis. Jenis cabai paling mahal saat ini merupakan jenis cabai rawit merah yang di pasaran mencapai kisaran Rp 40 ribu per kilogram.

Sementara, cabai lain harganya lebih murah seperti cabai rawit hijau seharga Rp 16 ribu per kilogram, cabai besar merah dan cabai besar hijau harganya di bawah Rp 20 ribu per kilogram serta cabai merah keriting seharga Rp 20 ribu per kilogram.

“Produksi tanaman cabai merah dalam negeri sudah mencukupi kebutuhan nasional. Kebutuhan cabai merah nasional mencapai sebanyak 1,5 juta ton per tahun. Beda halnya dengan bawang merah pada saat tertentu produksinya masih ekspor,” kata Suswono di sela-sela kegiatan.

Untuk bawang putih, terang Suswono, masih tergantung pada impor karena produksinya baru mencapai sepuluh persen dari kebutuhan nasional.
Maka itu, pemerintah ke depannya mendorong adanya kemandirian pangan sehingga tidak tergantung pada pasokan impor.

Arif, petani cabai merah menambahkan tidak semua jenis cabai merah mengalami kenaikan harga karena ada lima jenis. Sehingga petani tidak mendapat keuntungan dari kenaikan harga tersebut.

“Tak semua jenis cabai naik. Tapi di media massa memberitakan semua cabai naik. Padahal yang naik itu cabai rawit merah,” ungkapnya. (sule)

Teks; Menteri Pertanian, Suswono menggelar panen raya cabai di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (30/3)