Nama Stadion Gedebage Jadi Gelora Bandung Lautan Api

Sabtu, 30 Maret 2013
gelorabede303

BANDUNG (Pos Kota) -Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage Bandung, resmi bernama Gelora Bandung Lautan Api. Pemberian nama tersebut sudah disepakati berbagai kalangan dan sudah dikukuhkan dalam rapat paripurna DPRD Kota Bandung, Kamis malam.

“ Sudah ada kesepakatan, SUS kini bernama Gelora Bandung Lautan Api,“ kata Wakil Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Setiady, Sabtu. Jika sudah diputuskan, nama stadion tinggal dituangkan dalam Peraturan Walikota (Perwal), tambahnya.

Tedy menambahkan, nama stadion Bandung Lautan Api disepakati melalui polling yang panjang. Pihak DPRD memberikan tiga nama yang dipilih warga Bandung. Dari tiga nama yang diajukan ternyata Gelora Bandung Lautan Api mendapat suara paling tinggi mencapai 83 persen atau 14.777 suara yang masuk melalui SMS. Kemudian, Gelora Gedebage 2.047 (11,7) persen dan Gelora Rosada mendapat 871 suara atau 5,0 persen.

Penamaan Stadion Sepakbola mengalami perjalanan yang panjang. Awalnya, DPRD dan bobotoh Persib mengharapkan agar Stadion diberi nama Stadion Rosada. Pro kontara semakin melebar. Untuk mencari jalan tengah DPRD mengajukan tiga nama, dan yang keluar Gelora Bandung Lautan Api.

Pakar Sejarah Unpad, Prof. Dr Nina Lubis, menambahkan, dikukuhnya nama Gelora Bandung Lautan Api yang relevan dengan sejarah Kota Bandung. Pasalnya, Bandung Lautan Api merupakan tonggak sejarah warga Bandung dalam menentang kaum impelialisme. Mereka rela meninggalkan dan membakar rumah demi menentang penjajah.

Nina mengakui, setelah dikaji, sempat memberikan beberapa nama untuk stadion, diantarantaranya, Bandung Lautan Api, Stadion Gedebage, dan Stadion Moamad Toha. “ Polling yang masuk mayoritas Bandung Lautan Api dan tidak ada yang memilih Stadion Rosada,“ jelasnya.

Belakangan, DPRD memunculkan nama Rosada, sedang tim peneliti tidak merekomendasikan nama Rosada. “ Kami bersyukur warga menginginkan nama stadion BLA sesuai dengan hasil kajian tim sejarah,“ucapnya lagi.

Menanggapi resminya BLA untuk nama stadion, ternyata tidak membuat sakit hadi Walikota Dada Rosada. Dia menadaskan, nama apapun sangat setuju terpenting warga Bandung senang. “ Kami bangga nama sudah terbentuk. Yang jelas kami merencanakan stadion ini sejak 1992,“ katanya.

Satdion kini sudah memiliki nama. Bandung Lautan Api (BLA) menjadi pilihan warga Bandung. Dihartapkan, dengan nama BLA semangat olahraga akan terus berkobar hingga menorehkan prestasi baik lokal, regional hingga Internasional. Warga Bandung akan kecewa setelah hadirnya Gelora yang menelan biaya ratusan miliar sementara prestasi olahrga semakin memble. (Dono Darsono)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.