886 Prajurit Kodam Jaya Naik Pangkat

Senin, 1 April 2013
naik-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI E.Hudawi Lubis menerima pelaporan kenaikan pangkat para Prajurit Kodam Jaya dalam sebuah acara laporan korps yang mendapat anugerah kenaikan pangkat pada periode 1 April 2013 dengan jumlah 886 prajurit bertempat di aula Sudirman Makodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No 5 Cililitan Jakarta Timur. Senin  (01/04).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Staf Kodam Jaya Brigadir Jenderal TNI Agung Risdhianto MDA, Irdam Jaya, para Asisten Kasdam Jaya, Para Kabalak Kodam Jaya, para Pa Ahli, para Komandan Satuan, Ketua Persit KCK Daerah Jaya Ny. Wulan E.Hudawi Lubis serta segenap pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD Jaya.

Pelaporan korps  kenaikan pangkat ditandai laporan Asisten Personel Kasdam Jaya Kolonel Inf Hadi Basuki kepada Pangdam Jaya dan dilanjutkan dengan pelaporan perwakilan para prajurit  yang naik pangkat. 886 prajurit Kodam Jaya yang menerima kenaikan pangkat terdiri dari Perwira Menengah 39 orang, Perwira Pertama 62 orang, Bintara 460 orang, Tamtama 321 orang, serta kenaikan pangkat penghargaan sebanyak 4 orang.

Dalam amanatnya Pangdam Jaya menyampaikan bahwa Hakekat kenaikan pangkat, mengandung makna yang sangat mendalam dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Prajurit serta keluarganya. Kenaikan pangkat memiliki korelasi signifikan dengan perjalanan karier      seorang Prajurit dalam mendedikasikan pengabdiannya kepada bangsa dan negara. Untuk itu, hendaknya kenaikan pangkat ini dapat dijadikan sebagai pendorong semangat guna meningkatkan prestasi dan kinerja di satuan masing-masing.

Lebih lanjut Pangdam Jaya mengatakan Dengan keberhasilan para Prajurit meraih kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, jangan kemudian membuat lupa diri dan cepat merasa puas. Justru dibalik itu, terkandung konsekuensi tanggung jawab yang tidak ringan dan diperlukan kesiapan serta peningkatan sikap mental para Prajurit, sesuai perubahan derajat kepangkatan yang diraih.

Yakinlah, kesuksesan para Prajurit dalam meniti karier adalah berkat doa dan dukungan dari mereka, terutama para isteri dan suami bagi  yang berstatus Kowad. Mencermati esensi tersebut, maka jadikan kenaikan pangkat ini sebagai momentum guna meneguhkan tekad dan semangat untuk  mempersembahkan karya terbaik bagi kemajuan TNI Angkatan Darat, Bangsa dan Negara.

Perlu dipahami bersama bahwa kenaikan pangkat bukan merupakan hak sepenuhnya bagi seorang prajurit, melainkan kenaikan pangkat selalu berkaitan erat dengan sistem pembinaan personel. Persyaratan kenaikan pangkat tidak cukup hanya didasarkan pada tuntutan formal administratif semata, akan tetapi harus diwujudkan melalui prestasi kerja, dedikasi dan loyalitas terhadap satuan.

Pangkat jangan hanya dijadikan sebagai simbol prestise tapi harus diimbangi serta dibuktikan dengan menunjukkan prestasi. Kenaikan pangkat harus senantiasa disertai peningkatan wawasan pengetahuan dan kemampuan, seiring beban tugas serta tanggungjawab sesuai level kepangkatannya.  Ingat semakin tinggi pangkat maka semakin besar tugas dan tanggung jawabnya, sehingga kalian dituntut untuk lebih kreatif, dalam mendorong terciptanya suasana kerja yang kondusif di satuan masing-masing.

Mengakhiri amanatnya Pangdam Jaya menekankan kepada para Prajurit agar menyikapi makna kenaikan pangkat ini secara bijak dilandasi rasa tanggung jawab baik secara moral maupun profesional.

(pendam jaya/sir)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.