Monday, 27 May 2019

Ekspor Produk Otomotif Ditingkatkan

Kamis, 4 April 2013 — 0:31 WIB
mobil

EKSPOR produk-produk otomotif akan ditingkatkan untuk mendorong kinerja ekspor nasional.

“Kita akan terus menggali produk-produk lain di sektor non-migas, khususnya produk otomotif dan potensi itu harus didorong ke luar,” kata Direktur Jenderal Kerja Sama Industri Internasional Kementerian Perindustrian Agus Tjahjana di Jakarta, Selasa (2/4).

Saat ini, produksi sepeda motor Indonesia merupakan industri terbesar ketiga di dunia. Tetapi, untuk ekspor masih sangat minim karena produksi nasional hanya diperuntukkan bagi konsumen lokal.

“Ekspor motor masih rendah, diharapkan bisa ditingkatkan. Sementara produksi mobil yang mencapai 1,1 juta unit juga harus didorong untuk lebih banyak melakukan ekspor,” ungkap Agus.

DEFISIT

Diakui,  pasar Indonesia masih sangat tinggi namun untuk ekspor ke luar negeri tidak perlu menunggu adanya investasi lagi. Di ASEAN, tujuan ekspor Indonesia hanya 25 persen. Sisanya masih mengandalkan negara-negara di luar kawasan ASEAN.

“Pasar ASEAN masih belum kita optimalkan, meskipun letaknya lebih dekat. Hal itu juga menyebabkan neraca perdagangan kita mengalami defisit,” jelasnya.

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), tahun 2012 angka produksi sekitar 7,1 juta unit. Terjual di pasar domestik 7.064.457 dan yang diekspor hanya 77.129 unit. Tahun 2011, dari produksi 8 juta unit, diekspor 30.995 unit. (tri/ak)