Saturday, 22 September 2018

ONH Turun, Pelayanan Harus Tetap Terjaga

Kamis, 4 April 2013 — 0:01 WIB
onhcopy

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah dan DPR telah menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) atau Ongkos Naik Haji (ONH) tahun ini. ONH turun dibandingkan tahun lalu dengan rata-rata penurunan sebesar 90 dolar AS.

Sedangkan untuk ONH DKI Jakarta ditetapkans sebesar 3.522 dolar Amerika Serikat (AS) atau sebesar Rp33.811.200,- dengan kurs asumsi 1 dolar AS sama dengan Rp9.600,-. Untuk Tahun 2012 BPIH DKI Jakarta sebesar 3.638 dolar AS.

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah, Anggito Abimanyu, menyatakan Kementerian Agama (Kemenag) mengharapkan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai BPIH akan turun pada April ini, setelah disepakatinya BPIH oleh DPR dan pemerintah.

“Kita sedang menyiapkan perangkat pelunasan BPIH 2013 melalui turunnya Perpres, kami berharap April ini segera turun dan jemaah kita segera melunasi setoran hajinya,”kata Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Anggito Abimanyu, di Jakarta, kemarin.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah yang diwakili Kemenag selaku penyelenggara ibadah haji bersama DPR telah menetapkan BPIH Tahun 2013. Jika dibandingkan dengan BPIH Tahun 1433 H/2012 M, maka besaran rata-rata BPIH tahun ini dalam dolar mengalami penurunan sebesar 90 dolar Amerika Serikat (AS) yakni, 3.617 dolar AS menjadi 3.527 dolar AS. Penurunan itu dari biaya komponen penerbangan, serta biaya sewa rumah di Makkah dan Madinah yang dibebankan ke jemaah.

DIBAYAR LANGSUNG

Adapun rincian besaran rata-rata dan komponen BPIH yang dibayarkan langsung oleh jemaah haji (direct cost) adalah sebagai berikut:  Biaya Penerbangan Haji dari Embarkasi ke Arab Saudi sebesar 2.163 dolar AS, Biaya Pemondokan di Makkah dan Madinah 959 dolar AS, dan Living Cost jemaah haji selama di Arab Saudi sebesar 405 dolar AS.

Anggota Komisi VIII yang membidangi masalah haji, Hasrul Azwar mengharapkan turunnya BPIH tahun ini diharapkan kualitas pelayanan kepada jemaah haji Indonesia tetap terjaga baik.  (johara/bu/o)

  • taufiqh romadhona

    masa sichhh turun…paling2 tahun depannya naik 5 kali lipat..yaa nggak???