Urus Akte Kelahiran di Bekasi Gratis

Jumat, 5 April 2013 — 6:53 WIB
aktelahir54

BEKASI (Pos Kota)-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, menggratiskan pembuatan Akte Kelahiran . “Syaratnya, mereka yang tidak mampu dan mulai usia 1 tahun ke atas,” ujar Rudi Sabarudin, Kepala Disdukcapil Kota Bekasi, saat dihubungi Pos Kota, Kamis.

Menurut Rudi, mereka yang terlambat sebelum ada program ini harus mengurus ke PN Bekasi untuk sidang penetapan pengadilan, baru kemudian mengurus Akte Kelahiran.

Karena itu Pemkot Bekasi dengan anggaran Rp 1 miliar dalam tahun 2013 ini akan menggratiskan 1.750 akta kelahiran. Dari jumlah itu Pemkot Bekasi membagi ke setiap kecamatan sebanyak 145 warga yang dapat dilayani.

Sebelum memperoleh akta kelahiran, PN Bekasi menggelar sidang penetapan di masing-masing kecamatan. “Untuk tahap pertama dilakukan di Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur pada 26 April mendatang,” ujar Rudi, sambil mengatakan warga pemohon hanya melengkapi berkas dan ikut sidang lalu mendapat penetapan kemudian mendapat akte kelahiran secara gratis, “Termasuk materai kami bayari,” tandasnya.

Warga yang tidak mampu dan keluarganya belum memiliki akta kelaharin , hanya menyiapkan foto kopi KTP suami istri, kartu keluarga, surat nikah dan surat keterangan kelahiran dari rumah sakit atau kelurahan, serta ijasah bagi yang sudah punya ijasah.

Rudi berharap RT dan RW serta lurah harus memprioritaskan warga tidak mampu yang dapat dilayani, “Saya berharap RT dan RW serta Lurah harus dapat menyeleksi siapa yang harus diprioritaskan untuk pelayanan ini,” tegas Rudi.

KABUPATEN BEKASI 4.000 AKTA

Di Kabupaten Bekasi, tahun ini disiapkan sebanyak 4.000 akta kelahiran yang prosesnya harus sidang penetapan . Untuk tahap pertama dilakukan di Kecamatan Cikarang Utara.

“Untuk Kecamatan Tambun Selatan memperoleh 468 akta yang nantinya akan dibagi untuk 10 desa/kelurahan,” ujar Achmad Syaebani, Kasie Kependudukan Kecamatan Tambun Selatan. Untuk pelaksanannya sendiri di Tambun Selatan pada Mei mendatang.

Sementara itu warga berharap, pemberian kemudahan itu benar-benar diperuntukan mereka yang tidak mampu, “Jangan sampai yang mampu malah lebih banyak,” ujar Slamet Riadi, 45, warga Mangunjaya I, Tambun Selatan. (saban)

Teks : Suasana mengurus Akte Kelahiran di Bekasi

  • Masri Hernadi

    Di Kelurahan Jatimulya Kec. Tambun Selatan, Kuota per RW cuma 2 orang…

  • http://www.facebook.com/v.lopers.3 V Loverzz

    Kapan pa adda bikin akte kelahirannya? Saya maau bikin utk ank kembar saya!!kalau adda info tlg sampaikan melalui susilo sulaeman staff kel.jatimulya!!!ato hub.02194177575.
    An.iin.marlina!

  • kririkus

    di cikarang utra di kenakan biaya dari 200rb sampai 300rb per akte… gimana tuh..

  • ellena

    min mau tanya apakah bikin akte masih gratis ???

  • Indriyani Edogawa

    di kecamatan jati saampurna bahkan tidak ada pemberitahuan sama sekali . sehingga saya selaku warga masarakatna merasa sulit sekali untuk membuat akta kelahiran . . .terlepas lagi orang tua saya tidak mempunyai surat nikah .. .jd mohon bantuannya

    indriyani

  • Toni Silitonga

    saya mau mengurus akte kelahiran anak saya untuk keperluan sekolah,akan tetapi dipersulit dan dimintain biaya 3 juta oleh pengedilan di kota Bekasi.mohon bantuannya supaya saya bisa mengurus akte kelahiran anak saya,karena kami belum punya catatan sipil,tetapi kenapa biayanya sangat besar,dan efek dari ini anak saya sampai saat ini tidak bisa sekolah sedangkan kami tidak kumpul kebo.mohon bantuannya.

  • Toni Silitonga

    mohon bantuannya Pak,saya dibekasi atas nama : Toni Silitonga alamat jl gurame 3 no 264 perumnas 2 bekasi,anak saya atas nama rachel silitonga samapai saat ini belum mempunyai aktekelahiran dan sampai saat ini untuk sekolah sangat sulit.sedangkan saya sah menikah di gereja.akan tetapi kenapa dipersulit kita nasrani untuk kepengurusan catatan sipil sehingga anak tidak ada yang mempunyai akte kelahiran.dan saya sekali lagi kawin sah bukan kumpul kebo.mohon dibantyu karana istri saya sudah kepengadilan bekasi.dimintai oleh seseorang pegawai disana atas nama martin biaya 3 juta rupiah baru bisa keluar catatan sipilo baru bisa mengurus akte kelahiran anak saya.sampai saat ini anak saya tersebut tidak mempunyai akte kelahiran dan dipersulit untuk sekolah.mohon bantuannya unutk saya bisa dipermudah dalam pengurusan catatan sipil saya.

  • safii

    Kel Wanasari – Cibitung : gimana ya..kalau buat akte yang hilang

Terbaru
Terpopuler
Jumat, 3 Juli 2015 — 2:15 WIB
Raket
Jumat, 3 Juli 2015 — 2:10 WIB
Internasional
Jumat, 3 Juli 2015 — 2:04 WIB
Peristiwa
Jumat, 3 Juli 2015 — 0:41 WIB
Jakarta
Jumat, 3 Juli 2015 — 0:08 WIB
Uncategorized
Kamis, 2 Juli 2015 — 23:49 WIB
Sumatra
Kamis, 2 Juli 2015 — 23:40 WIB
Hankam
Kamis, 2 Juli 2015 — 23:25 WIB
Jakarta