Urus Akte Kelahiran di Bekasi Gratis

Jumat, 5 April 2013
aktelahir54

BEKASI (Pos Kota)-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, menggratiskan pembuatan Akte Kelahiran . “Syaratnya, mereka yang tidak mampu dan mulai usia 1 tahun ke atas,” ujar Rudi Sabarudin, Kepala Disdukcapil Kota Bekasi, saat dihubungi Pos Kota, Kamis.

Menurut Rudi, mereka yang terlambat sebelum ada program ini harus mengurus ke PN Bekasi untuk sidang penetapan pengadilan, baru kemudian mengurus Akte Kelahiran.

Karena itu Pemkot Bekasi dengan anggaran Rp 1 miliar dalam tahun 2013 ini akan menggratiskan 1.750 akta kelahiran. Dari jumlah itu Pemkot Bekasi membagi ke setiap kecamatan sebanyak 145 warga yang dapat dilayani.

Sebelum memperoleh akta kelahiran, PN Bekasi menggelar sidang penetapan di masing-masing kecamatan. “Untuk tahap pertama dilakukan di Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur pada 26 April mendatang,” ujar Rudi, sambil mengatakan warga pemohon hanya melengkapi berkas dan ikut sidang lalu mendapat penetapan kemudian mendapat akte kelahiran secara gratis, “Termasuk materai kami bayari,” tandasnya.

Warga yang tidak mampu dan keluarganya belum memiliki akta kelaharin , hanya menyiapkan foto kopi KTP suami istri, kartu keluarga, surat nikah dan surat keterangan kelahiran dari rumah sakit atau kelurahan, serta ijasah bagi yang sudah punya ijasah.

Rudi berharap RT dan RW serta lurah harus memprioritaskan warga tidak mampu yang dapat dilayani, “Saya berharap RT dan RW serta Lurah harus dapat menyeleksi siapa yang harus diprioritaskan untuk pelayanan ini,” tegas Rudi.

KABUPATEN BEKASI 4.000 AKTA

Di Kabupaten Bekasi, tahun ini disiapkan sebanyak 4.000 akta kelahiran yang prosesnya harus sidang penetapan . Untuk tahap pertama dilakukan di Kecamatan Cikarang Utara.

“Untuk Kecamatan Tambun Selatan memperoleh 468 akta yang nantinya akan dibagi untuk 10 desa/kelurahan,” ujar Achmad Syaebani, Kasie Kependudukan Kecamatan Tambun Selatan. Untuk pelaksanannya sendiri di Tambun Selatan pada Mei mendatang.

Sementara itu warga berharap, pemberian kemudahan itu benar-benar diperuntukan mereka yang tidak mampu, “Jangan sampai yang mampu malah lebih banyak,” ujar Slamet Riadi, 45, warga Mangunjaya I, Tambun Selatan. (saban)

Teks : Suasana mengurus Akte Kelahiran di Bekasi

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.