Wednesday, 19 September 2018

Untuk Jaring Calon Presiden

Demokrat Belum Punya Aturan Main Soal Konvensi

Selasa, 9 April 2013 — 18:48 WIB
saan

JAKARTA (Pos Kota) – Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat, Saan Mustopa, menegaskan partainya belum mempunyai aturan main yang baku terkait wacana digelarnya konvensi untuk menjaring calon presiden dan wakil presiden 2014.

Menurut Saan, jika sistem konvensi merupakan mekanisme yang cukup baik dalam menjaring capres dan cawapres sebagai sistem yang paling demokratis. “Aplikatif atau tidak, ini yang dirumuskan. Apakah konvensi hanya melibatkan DPP, DPD, DPC, atau melibatkan seluruh kader partai. Karena kewenangan menentukan capres ada di Majelis Tinggi, maka kita serahkan saja model rekrutmen capres dan cawapres seperti apa,” kata Saan di Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta, Selasa (9/4).

Ketua DPP PD, Andi Nurpati, menuturan konvensi yang diwacanakan PD akan berbeda dengan partai lain. Sebab, konvensi akan menjaring pilihan dari masyarakat secara langsung, bukan melalui internal partai.

Menurutnya, konvensi akan menjadi seleksi awal capres dan cawapres sebelum diputuskan Majelis Tinggi siapa calon yang akan diusung. “Konvensi versi rakyat yang akan ditempuh Partai Demokrat juga tidak akan mengandung unsur politik uang,” imbuhnya. (prihandoko)

  • sseffendy@gmail.com

    KLW BELUM ADA ATURAN MAIN, YA DI BIKIN DONG PAK. ASAL ADA KEMAUAN DISITU ADA JALAN.