Senin, 05 Desember 2016

Ketinggian Air Waduk Jatiluhur Lampui Batas Normal

Rabu, 10 April 2013 — 6:22 WIB
ilusketinggian

PURWAKARTA (Pos Kota) –Tinggi Muka Air (TMA) Waduk Ir H Djuanda atau lebih dikenal Waduk Jatiluhur terus naik. Saat ini, ketinggian air melampaui batas normal, yakni 107,20 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meski demikian, Perum Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur selaku pengelola waduk serbaguna itu menilai masih dalam batas normal.

Naiknya ketinggian air di Waduk Jatiluhur dipengaruhi intensitas hujan yang cukup tinggi di daerah Bandung dan sekitarnya. Sehingga volume air pada Sungai Citarum sebagai pemasok utama bagi Waduk Jatiluhur bertambah besar.

Atau jumlah air yang masuk jauh lebih besar dibanding yang keluar. Dimana air yang masuk dari Cirata ke Jatiluhur yakni 369,73 m2/detik. Sedangkan air keluar 203,49 m2/detik. Dengan perbandingan itu, otomatis TMA di Jatiluhur cepat naik.

Dalam hal ini, pihak pengelola waduk memperkirakan debit air akan terus bertambah seiring hujan yang terus menerus turun.

Direktur Pengelolaan Air (Dirlola) PJT II Jatiluhur, Harry M Sungguh mengatakan, saat ini kondisi air keadaan limpas ke sumur pelimpasan (morning glory). Namun demikian, limpasan air dari TMA yang sudah melebihi batas normal, yakni 107 mdpl belum membahayakan.

“TMA hari ini sudah melebihi ambang batas normal sekira 20 Cm. Meski demikian, warga yang berada di hilir Citarum, tak perlu khawatir dengan kondisi itu. Sebab, PJT selaku pengelola air akan melakukan sejumlah antisipasi, guna mencegah terjadinya air limpas ke hilir,”ujar Harry di ruang kerjanya, Selasa (9/4).

Salah satu upayanya, terang Harry, pihak PJT akan terus berkoordinasi dengan pengelola dua waduk, antara lain, Cirata dan Saguling. Kedua waduk tersebut diharapkan tidak mudah mengeluarkan air.

Selain berkordinasi, lanjut Harry, upaya lain yang dilakukan yakni memaksimalkan lima dari enam turbin agar lebih besar menghasilkan listrik. Ditambah dengan langkah membuka hollow jet (pintu air) untuk mengurangi ketinggian TMA. (dadan)

Teks : Waduk Jatiluhur ketinggian air terus meningkat

Terbaru

Sejumlah rombongan dari organisasi kesehatan dunia seperti GAVI, WHO dan Unicef bersama Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany usai melihat pelayanan kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Perigi, Pondok Aren. (anton)
Senin, 5/12/2016 — 11:09 WIB
Tim WHO dan GAVI Tinjau Puskesmas Perigi Tangsel
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany bersama Ketua DPRD setempat u M. Romlie dan wakil ketua DPRD setempat usai pengesahan Raperda APBD tahun 2017. (anton)
Senin, 5/12/2016 — 11:04 WIB
Disahkan DPRD
APBD Tangsel Tahun 2017 Rp 3,2 Triliun
2NE1. (ist)
Senin, 5/12/2016 — 11:03 WIB
Mantan Personel 2NE1 Coba Move On
Wakil Presiden Filipina, Leni Robredo. (reuters))
Senin, 5/12/2016 — 11:00 WIB
Wakil Presiden Filipina Lepas Satu Jabatan
Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Rumah Lembang.(ikbal)
Senin, 5/12/2016 — 10:46 WIB
Ahok Sebut Pejabat Terkutuk Jika Langgar Sumpah