Ketinggian Air Waduk Jatiluhur Lampui Batas Normal

Rabu, 10 April 2013
ilusketinggian

PURWAKARTA (Pos Kota) –Tinggi Muka Air (TMA) Waduk Ir H Djuanda atau lebih dikenal Waduk Jatiluhur terus naik. Saat ini, ketinggian air melampaui batas normal, yakni 107,20 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meski demikian, Perum Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur selaku pengelola waduk serbaguna itu menilai masih dalam batas normal.

Naiknya ketinggian air di Waduk Jatiluhur dipengaruhi intensitas hujan yang cukup tinggi di daerah Bandung dan sekitarnya. Sehingga volume air pada Sungai Citarum sebagai pemasok utama bagi Waduk Jatiluhur bertambah besar.

Atau jumlah air yang masuk jauh lebih besar dibanding yang keluar. Dimana air yang masuk dari Cirata ke Jatiluhur yakni 369,73 m2/detik. Sedangkan air keluar 203,49 m2/detik. Dengan perbandingan itu, otomatis TMA di Jatiluhur cepat naik.

Dalam hal ini, pihak pengelola waduk memperkirakan debit air akan terus bertambah seiring hujan yang terus menerus turun.

Direktur Pengelolaan Air (Dirlola) PJT II Jatiluhur, Harry M Sungguh mengatakan, saat ini kondisi air keadaan limpas ke sumur pelimpasan (morning glory). Namun demikian, limpasan air dari TMA yang sudah melebihi batas normal, yakni 107 mdpl belum membahayakan.

“TMA hari ini sudah melebihi ambang batas normal sekira 20 Cm. Meski demikian, warga yang berada di hilir Citarum, tak perlu khawatir dengan kondisi itu. Sebab, PJT selaku pengelola air akan melakukan sejumlah antisipasi, guna mencegah terjadinya air limpas ke hilir,”ujar Harry di ruang kerjanya, Selasa (9/4).

Salah satu upayanya, terang Harry, pihak PJT akan terus berkoordinasi dengan pengelola dua waduk, antara lain, Cirata dan Saguling. Kedua waduk tersebut diharapkan tidak mudah mengeluarkan air.

Selain berkordinasi, lanjut Harry, upaya lain yang dilakukan yakni memaksimalkan lima dari enam turbin agar lebih besar menghasilkan listrik. Ditambah dengan langkah membuka hollow jet (pintu air) untuk mengurangi ketinggian TMA. (dadan)

Teks : Waduk Jatiluhur ketinggian air terus meningkat

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.