Saturday, 20 October 2018

Pemprov DKI pilih lurah dan camat

Sayembara Pos Kota Jadi Rujukan

Kamis, 11 April 2013 — 6:28 WIB
ilussayembara

JAKARTA (Pos Kota) –  Sayembara lelang jabatan camat dan lurah yang digelar Pos Kota mendapat respon positif dari Wakil Gubernur Basuki Tjahaya Purnama. Bahkan sayembara ala Pos Kota bakal menjadi salah satu rujukan atau masukan dalam menilai lurah dan camat yang mengikuti lelang.

Basuki yang akrab disapa Ahok mengatakan hal itu saat menerima pimpinan Pos Kota di Balaikota Pemprov DKI Jakarta, Rabu (10/4). “Saya berterimakasih kepada Pos Kota yang ikut mendukung program seleksi terbuka ini. Lomba ini bisa menjadi salah satu rujukan untuk kami,”  ujarnya.

Pimpinan Pos Kota yang diterima Ahok antara lain  Pemimpin Redaksi Pos Kota, Joko Lestari dan  Redaktur Pelaksana Pos Kota, Syahdu Utoro serta Redaktur, Sutiyono.

Penilaian langsung dari warga yang dikirim ke Pos Kota baik melalui surat maupun SMS  diharapkan objektif. Dengan sayembara akan membuat pejabat yang bersangkutan merasa diawasi warganya.

“Selama ini yang menjadi masalah adalah pejabat yang bersangkutan dipilih oleh atasan. Jadi tanggung jawabnya hanya kepada atasan bukan ke warga. Ini yang harus diubah,” tegasnya.

SELURUH
UNIT KERJA

Malah Ahok menegaskan bila lelang jabatan lurah dan camat berhasil nantinya seluruh pimpinan unit kerja di seleksi secara terbuka, sehingga  setiap pejabat akan memiliki tanggung jawab mengurusi rakyatnya. “Kalau sudah jadi pejabat tugasnya cuma satu, ngurusi rakyat,” tandasnya.

Ahok pun  menyambut baik sayembara   Pos Kota yang sudah menjarimg pendapat masyarakat tentang kinerja lurah dan camat di wilayahnya sejak 4 Februari dan hingga 1 April 2013.  “Sistem penataan birokrasi ini harus menjadi tradisi, sehingga transparansi birokrasi bisa terealisasi,” sambungnya.

Sebagai tindaklanjut kerjasama dengan Pos Kota, Ahok memerintahkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, I Made Karmayoga yang juga hadir dalam pertemuan tersebut untuk berkoordinasi.

Dalam kesempatan itu, Ahok juga berjanji hadir pada kegiatan Pasar Besar Mobil dan Motor Seken ke-3 yang digelar sebagai rangkaian HUT ke-43 Pos Kota di Parkir Timur Senayan, 19-21 April mendatang.

ANIMO WARGA

Pemimpin Redaksi Pos Kota, Joko Lestari, menjelaskan  sayembara lelang jabatan lurah dan camat dilakukan  sebagai bentuk dukungan Pos Kota terhadap penataan birokrasi di bawah kepemimpinan Gubernur Jokowi dan Wakil Gubernur  Ahok. “Animo warga terhadap lelang jabatan lurah dan camat sangat tinggi,” ucapnya.

Sejak sayembara lelang jabatan lurah dan camat digelar,  sekitar  10 ribu surat maupun SMS warga telah masuk ke redaksi Pos Kota. “Semua lurah dan camat dapat penilaian dari warganya,” paparnya. (guruh/st/o)

Teks GB:
Wakil Gubernur Ahok saat menerima pimpinan Pos Kota di ruang kerjanya. (toga)