Senin, 15 April 2013 19:24:00 WIB

23.440 Sertifikat Diserahkan ke Transmigran

sertifikat154

JAKARTA (Pos Kota) -Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi tahun 2012 telah menyerahkan 23.440 persil sertifikat untuk transmigran yang tersebar di 11 (sebelas) provinsi.

Sedangkan tahun 2013 program penerbitan sertifikat tanah ditargetkan selesai untuk 14.901 bidang tanah yang tersebar pada 7 provinsi lainnya.

Kemenakertrans terus kerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mempercepat penerbitan sertifikat tanah hak milik transmigran di kawasan-kawasan transmigrasi.

“Pemberian sertifikat tanah hak milik kepada transmigran ini ditunjukan untuk memberikan kepastian hukum kepemilikan asset tanah secara sah dan diakui negara,” kata Menakertrans Muhaimin Iskandar dalam keterangannya, Senin.

Dengan diserahkannya sertifikat itu, lanjut Muhaimin, maka diharapkan transmigran dapat bekerja lebih tenang, nyaman, dan aman di lahan-lahan transmigran yang selama ini ditempatinya.

” Transmigran pasti lebih bersemangat dan produktif dalam mengolah lahan pertanian dan perkebunan. Secara otomatis kesejahteraan transmigran pun akan lebih meningkat, ” ujarnya.

Untuk meminimalisai konflik di kawasan transmigrasi, Muhaimin meminta pemerintah daerah menyediakan lahan-lahan yang memenuhi kriteria 2C (Clear and Clean) dan 4 L l(ayak huni, layak berkembang, layak usaha, dan layak lingkungan)

“Pemerintah pusat dan pemda juga harus terus bekerja sama dalam pembangunan sarana dan prasarana serta fasilitas lain yang diperlukan dalam pelaksanaan pengembangan kawasan transmigrasi di berbagai daerah,” kata Muhaimin.(Tri)

Muhaimin Iskandar

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.