Senin, 15 April 2013 22:05:12 WIB

Berlangsung Bareng, Ujian Nasional dan Ujian Paket C

Ujian C-01

KEBON JERUK (Pos Kota) – Untuk kali pertama ujian Paket C dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) SMA dan SMK tahun 2013 di Jakarta Barat.

Ujian C03

 Ka.Sudin Dikmen H. Widodo (kiri) didampingi stafnya Hj.Syamsiah,Ny.Titin Nuryati dan Ny.Linda Evriyani dari Dinas Pendidikan ketika meninju ujian paket C.

”Kegiatan berbarengan ini menunjukan Pemerintah sudah menyetarakan antara peserta paket C dengan siswa berpendidikan formal, SMA-SMK-Madrasah Aliyah,”kata H. Pudholi, pimpinan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Kebon Jeruk, di tengah penyelenggaraan ujian paket C hari pertama, Senin (15/4)

H. Pudholi menyatakan, kelak peserta PKBM akan berkurang terutama peserta yang berusia lebih tua seperti yang berusia 40 tahun lebih atau untuk karyawan yang akan naik jenjang atau golongan karena sekolahnya tertunda tidak ada lagi.

”Kalau tahun lalu siswa SMA-SMK atau Madrasah Aliyah yang tidak lulus ujian nasional bisa mengikuti ujian Paket C dalam waktu singkat, sekarang harus menunggu beberapa bulan,” katanya.

Sementara Ka. Sudin Dikmen Jakarta Barat, H.Slamet Widodo, ketika meninjau pelaksaan ujian paket C di SMPN 189, menilai ujian paket C bersamaan dengan UN, meningkatkan mutu kejar paket C. ”Karena perbedaan waktu pelaksanaan ujiannnya hanya beberapa jam,” jelasnya.

Untuk ujian paket C tahun 2013 ini diikuti 1.632 peserta yang tersebar di lima SMP Negeri , SMPN 45-SMPN 89-SMPN 225-SMPN 229 dan SMPN 189. ”Untuk rencana di SMPN 75 dan SMPN 127 dialihkan karena kedua sekolah keberatan,” ujarnya.

Sedang mata pelajaran yang diujinya , PPKN-Bahasa Indonesia-Bahasa Inggris-Matematika-Sosiologi-Ekonomi-Geografi.”untuk mata pelajaran yang diuji maupun jadwalnya dilakukan ditingkat provinsi Kementrian Pendidikan Nasional.”ucap H. Widodo,didampingi Hj.Syamsiah, Kasi PMFI, Ny.Linda Evriyani dari Dinas Pendidikan dan Ny.Titin Nuryati Kasi Kecamatan Kebon Jeruk.

Sementara peserta siswa SMA yang mengikuti Ujian Nasional tercatat 9.456 siswa dari 107 sekolah , sedang SMK 13.110 peserta dari 122 sekolah SMK negeri maupun SMK swasta.

Untuk memudahkan dan memperlancar UN, di jakarta Barat dibagi menjadi 3 rayon, SMA 2 untuk Rayon 6,  SMAN 33 untuk Rayon 7 dan SMAN 112 untuk Rayon 8.

Sedang SMK hanya dibagi menjadi dua rayon , SMKN 42 Rayon Jakarta Barat 1 dan SMKN 13 Rayon jakarta Barat 2.  (herman/d)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.