Senin, 15 April 2013 21:14:49 WIB

Di Jalan Juanda Bekasi

Sampah Harus Bersih Sebelum Pukul 06.00

ilussampah

BEKASI (Pos Kota) – Jam kerja tenaga penyapu jalanan (pesapon) di Kota Bekasi, kini berubah. Hal itu terjadi seiring berfungsinya fly ovr KH Nur Ali dan diberlakukannya jalur dua arah di Jalan Juanda.

TM Junaedi, Kepala Dinas Kebersihan Kota Bekasi, mengatakan sebelumnya pesapon bekerja mulai Pk. 07:00. “Sekarang sebelum jam 6 pagi harus sudah selesai,” ujarnya, Senin (15/4) siang.

Perubahan jam kerja, lanjutnya, disesuaikan dengan berubahnya arus lalulintas di Jalan Juanda yang sebelumnya satu arah menjadi dua arah. Selain itu, beroperasinya fly over KH Nur Ali. Menurutnya, honor 411 pesapon bakal naik tahun ini. Kenaikan itu sudah disetujui DPRD dan tinggal pelaksanaannya.

TRUK SAMPAH
Junaidi mengatakan perubahan jam kerja juga disesuaikan dengan beroperasinya truk pengakut sampah yang melewati Jalan Juanda. Saat ini, jumlah sampah meningkat dari 5.300 meter kubik setiap hari menjadi 6.000 meter kubik. “Setiap hari, yang bisa diangkut 2.200 meter kubik atau 37 persen saja,” ungkapnya.

Tak terangkutnya semua sampah, sambungnya, terjadi lantaran kurangnya armada pengangkut. Upaya mengatasi itu, akan ada tambahan 53 truk sampah Juni mendatang. Kendaraan yang ada saat ini 112 truk, 10 di antaranya rusak. “Semoga penambahan truk bisa mengatasi masalah sampah,” katanya. Ia juga berharap sistem 3 R (reduce/mengurangi pemakaian kantong, reuse/menggunakan kembali dan recycle/daur ulang) dapat mengurangi volume sampah. (saban/yp)

Teks: Kepala Dinas Kebersihan Kota Bekasi berdialog dengan petugas penyapu jalan (pesapon) di Jl Ir H Juanda. Jam kerja pesapon berubah sejak jalan itu dibuat dua arah

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.