Selasa, 16 April 2013 06:11:07 WIB

Jalan Nasional di Sukabumi Tiga Tahun Rusak

ilusjalan

SUKABUMI (Pos Kota) – Ruas jalan nasional di Sukabumi, Jawa Barat hingga kini masih berlubang. Puluhan lubang mengancam keselamatan pengendara, terutama sepeda motor. Padahal, kerusakan jalan tersebut sudah terjadi tiga bulan terakhir.

Pantauan Pos Kota, jalan sepanjang 100 kilometer kini kondisinya kian parah. Apalagi di jalur kiri, kalau dari arah Bandung ke Jakarta. Namun, kerusakan tersebut seolah-olah dibiarkan oleh pemerintah.

“Ada tiga bulanan Kang jalan mulai rusak. Tapi sampai sekarang belum ada perbaikan ataupun penambalan. Padahal, lubang-lubangnya cukup dalam sangat membahayakan pengendara. Lubangnya sekitar 10 sampai 15 centimeter,” kata Deden, salah seorang warga Cibadak kepada Pos Kota, Senin (15/4).

Dede, pengendara sepeda motor mengeluhkan kerusakan jalan tersebut. Dia mengaku tiap kali melintasi jalan nasional harus ekstra hati-hati. Malah, saking banyaknya lubang di jalan dia terpaksa membawa kendaraannya dengan laju cukup pelan.

“Sangat bahaya lubang di jalan ini. Saya hampir tiap hari melewatinya. Tiap hari harus hati-hati karena kalau tidak bisa-bisa melindas lubang. Kami minta agar ada perbaikan,” pintanya.

Anggota Komisi V DPR RI, Yudi Widiana Adia menilai perbaikan jalan rusak bukan soal kurangnya dana. Akan tetapi, soal kemauan dari pemerintah. Soalnya, anggaran untuk perbaikan jalan itu tidak kurang.

“Soal anggaran tidak jadi masalah tapi tergantung kemauan pemerintah untuk memperbaiki jalan rusak ini. Dan kami nilai tambal sulam yang biasa dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi jalan-jalan yang rusak bukan solusi. Sudah seharusnya ruas jalan nasional di Skabumi dibetonisasi,” tandasnya. (sule)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.