Normalisasi Saluran Air Ratusan Bangunan Bakal Digusur

Selasa, 16 April 2013
ilusnor

CAKUNG (Pos Kot) – Untuk menormalisasi saluran air, ratusan rumah di Jakarta Timur bakal digusur. Diharapkan dengan hilangnya bangunan itu, saluran yang mampet bisa lancar, sehingga mengurangi banjir.

Kepala Sudin PU Tata Air Jakarta Timur, Suhartono, membeberkan setidaknya ada lima saluran air yang direfungsi. Ratusan bangunan bakal tergusur proyek tersebut di antaranya rumah permanen.

Sejauh ini saluran air di Jakarta Timur banyak tertutup bangunan, sampah, kabel atau pipa air minum. Hal ini menjadikan fungsi saluran tidak sempurna, bahkan mati sama sekali. “Kami segera merefungsi atau mengfungsikan kembali lima saluran, seperti Kalimati di Pasar Rebo,” katanya.

Terkait Kalimati, kata Supriyanto, Kepala Seksi Pengendalian Prasarana dan Sarana Pengendalian Banjir Sudin PU Tata Air Jakarta Timur, akan membongkar sedikitnya 150 bangunan yang ada di atas dan tepi saluran sepanjang sekitar 750 meter. Selain itu, sampah yang menumpuk juga akan diangkut.

Tidak berfungsinya saluran Kalimati ini menjadikan sejumlah lokasi di sekitarnya kebanjiran. Keadaan ini sudah terjadi beberapa tahun belakangan. Walikota Jakarta Timur, HR Krisdianto, bersama beberapa pejabat beberapa waktu lalu sempat meninjau saluran ini. “Kami sedang mendata dan sosialisasi terhadap program ini,” katanya.
SALURAN LAIN

Selain Kalimati, Sudin PU Tata Air juga akan menormalisasi saluran lain, yakni Saluran Palad (Pulogadung), Saluran Depan Pasar Cipinang Kebembem, Bantaran Kali Cipinang dan Saluran Komplek Kehakiman. Di masing-masing saluran yang akan dinormalisasi terdapat belasan bahkan puluhan bangunan rumah warga.

Di bagian lain, Suhartono menyinggung peran warga dalam ikut menjaga dan mengamankan saluran air. Seperti, tidak mendirikan bangunan di atas saluran, tidak membuang sampah di saluran, dan juga tidak merusak turap. (guruh/st/o)

Teks : Saluran Kalimati di Kalisari, Pasar Rebo, salah satu saluran yang akan direfungsi karena banyak sampah dan bangunan

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.