Kamis, 18 April 2013 08:37:12 WIB

12.300 Guru di Kota Bekasi Belum Ikuti Sertifikasi

guru-bekasi

BEKASI (Pos Kota) – Masih 12.300 guru di Kota Bekasi belum mengikuti sertifikasi. Padahal sertifikasi ini penting untuk menentukan kenaikan pangkat dan jabatan.

Kepala bidang Bina Program Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzi, mengatakan, dari 16.000 guru PNS dan Non PNS, baru sekitar 3.700 guru yang sudah mengikuti sertifikasi.

“Kebanyakan guru yang belum melakukan sertifikasi adalah guru yang mengajar di Sekolah Swasta. Hal tersebut disebabkan karena guru sekolah swasta tidak memenuhi target 24 jam mengajar dalam satu minggu,” terangnya.

Salah satu persyaratan sertifikasi memang harus mengajar minimal 24 jam per minggu. Sedangkan di sekolah swasta mereka tidak bisa memenuhi target tersebut.

Selain persoalan sertifikasi, penempatan guru sesuai dengan bidang studinya juga masih menjadi kendala. Seperti misalnya untuk guru bimbingan konseling, kesenian dan bahasa Sunda.

Ditambahkan Ali, dari hasil pendataan terakhir yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan, keberadaan guru tiga bidang studi tersebut juga belum memadai jika dibandingkan dengan jumlah sekolah dan siswa yang ada di Kota Bekasi.

Idealnya, kata dia, satu orang guru menangani 150 siswa. Namun, tambahnya, pada kenyataannya satu orang guru bisa menangani 1.500 siswa. (Dieni)

guru-bekasiTeks: Guru di Kota Bekasi banyak yang belum sertifikasi. (Dieni)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.