Senin, 26 September 2016

Dikembangkan, Peternakan Domba dan Sapi di Sukabumi

Kamis, 18 April 2013 — 19:22 WIB
Peternakan Sukabumi-n

SUKABUMI (Pos Kota) – Wilayah Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat akan menjadi salah satu penyuplai kebutuhan hewan Domba serta Kambing  di Sukabumi hingga nasional. Pasalnya, Desa Langensari terpilih sebagai lokasi pelaksanaan program ekonomi kerakyatan Kelompok Tani Terpadu  Toto Wahyudianto Sastrodidjojo (TwS).

Untuk menjadikan Langensari menjadi penyulai Domba terbesar dibuktikan kelompok tani ini dengan mematangkan mulai pembinaan, pembibitan hingga penggemukan.

Penggagas sekaligus Ketua Kelompok Tani Terpadu TwS, Toto Wahyudianto Sastrodidjojo menjelaskan kelompok tani yang dipimpinnya merupakan kelompok tani terpadu yang bergerak dibidang agri bisnis, peternakan, perkebunan, pertanian serta perikanan.

“Program ini merupakan  konsep ekonomi kerakyatan terutama untuk bidang peternakan. Tujuannya untuk membangkitkan ekonomi berbasis kerakyatan. Sekitar 60 persen kita fokus ke peternakan dan  40 persen untuk manajeman,” kata Toto kepada wartawan, Kamis (18/4).

Dijelaskan Toto, alasan lebih memprioritaskan  peternakan karena  lebih mudah menjalankan agribisnis ini. Di Langensari, KwS mulai berkiprah melaksanakan program sekitar  akhir tahun 2010. Mulai pembibitan yang unggul, proses pemeliharaan yang baik serta asupan pakan yang sehat dilaksanakan kelompok tani ini.

“Semoga saja usaha kita ini menjadikan  sentral domba yang dapat menyuplai kebutuhan domba di daerah hingga seluruh pelosok Jabar. Tentunya dalam melaksanakannya dengan pembinaan peternak agar lebih profesional, pemilihan bibit unggul,” ujarnya.

Diakui Toto, kelompok taninya juga saat ini tengah mengembangkan Desa Langensari untuk peternakan sapi. Langkah awalnya, dengan melibatkan penyuluh Dinas Peternakan untuk membina peternak. Saat ini, untuk pengembangan peternakan sapi sudah berjalan di  Kecamatan Caringin.

“Ke depan kita juga akan mengembangkan peternakan sapi di sini. Kita sedang menyiapkan peternak agar menguasi teknik beternak sapi,” tandasnya. (sule/d)

Foto;
Kelompok Tani Terpadu  Toto Wahyudianto Sastrodidjojo (TwS) mengembangkan peteranakan domba dan kambing di Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Terbaru

Olla Ramlan bersama keluarga kecilnya. (Instagram @ollaramlanaufar)
Selasa, 27/09/2016 — 5:17 WIB
Olla Ramlan Rajin Dandani Anak
Selasa, 27/09/2016 — 5:08 WIB
Hak Pejalan Kaki Terabaikan
Rencananya telepon pintar ini akan dijual kembali pada 28 September dan kini diperkirakan paling cepat tersedia pada 1 Oktober.
Selasa, 27/09/2016 — 1:58 WIB
Samsung Tunda Lagi Penjualan Galaxi Note 7
Pengendara motor celakas akibat lubang di Jalan Thamrin Tangerang
Selasa, 27/09/2016 — 1:57 WIB
Lubang di Jalan Thamrin Ini Siap Mencelakai Pemotor
3 pasangan calon Pilkada DKI
Selasa, 27/09/2016 — 1:25 WIB
Biaya Kampanye Pilkada DKI Rp 100 Miliar