Tuesday, 25 September 2018

Kasus Pelanggaran Pilkada Jabar

Berkas Bupati Bogor Sudah Diserahkan ke Kejari

Jumat, 19 April 2013 — 0:27 WIB
bupgorkas184

BOGOR (Pos Kota) – Setelah lama ditunggu-tunggu, berkas kasus dugaan pelanggaran Pilkada Gubernur Jawa Barat, yang menyeret Bupati Bogor, Rachmat Yasin sebagai tersangka, akhirnya dikembalikan penyidik Polresta Depok, ke Kejaksaan Negeri Cibinong, Kamis (18/4)

Berkas nomor BP/31/III/2013/Reskrim tersebut, sebelumnya sempat ditolak oleh Kejari, karena belum lengkap. Kasi intel Kejaksaan Negeri Cibinong, Bayu Adhinugroho mengatakan, berkas tersbut tiba sekitar pukul 14.00.Selanjutnya, berkas akan kembali dipelajari.

“Berkas perkara pelanggaran Pilkada Gubernur Jawa Barat dengan tersangka RY sudah kami terima dari penyidik Polresta Depok, sore ini”kata Bayu.

Bayu memastikan Tim Jaksa yang ditunjuk mengikuti perkembangan penyidikan kasus tersebut, akan segera meneliti kembali berkas tersebut.

Jika berkas sudah dilengkapi sesuai dengan petunjuk jaksa, saat mengembalikan berkas itu, kejari akan mengeluarkan surat P21 dan segera melimpahkan berkas ke pengadilan.Sebaliknya, kejari akan mengembalikan kembali jika masih ditemui kekurangan.

“Dalam waktu dekat ini, akan kami sampaikan hasilnya. Saat ini, tim akan segera meneliti kembali berkas itu,” katanya.

RY ditetapkan tersangka oleh Polres Depok, sejak Rabu (13/3), karena laporan Panwaslu Kabupaten Bogor. Ia disangka melanggar Undang-Undang Pemilu Nomor 32 Tahun 2004 Pasal 116 ayat 4 junto Pasal 880 tentang kampanye di luar jadwal.

Kapolresta Depok,Kombes Achmad Kartiko mengatakan, pihaknya telah memeriksa sekitar 10 orang saksi tambahan untuk melengkap berkas, sesuai petunjuk pihak Kejaksaan. (yopi)

Teks : Bupati Bogor Rachmat Yasin