Wednesday, 26 September 2018

Mantan Presiden Pakistan Dipenjarakan

Jumat, 19 April 2013 — 18:50 WIB
Pervez Musharraf

Pervez Musharraf

ISLAMABAD – Kepolisian Pakistan telah menangkap mantan persiden Pervez Musharraf dan membawanya ke pengadilan.

Gambar-gambar yang disiarkan TV memperlihatkan Jenderal Musharraf dikelilingi oleh polisi berseragam di pengadilan Islamabad.

Pengadilan Pakistan sudah mengeluarkan surat penangkapan atas Musharraf pada Kamis (18/04), sehubungan dengan keputusannya menerapkan keadaan darurat pada tahun 2007.

Seorang perwira polisi, Mohammed Khalid, mengatakan Musharraf ditangkap Kamis malam di rumahnya di pinggiran Islamabad.

Dia menambahkan Musharraf dibawa ke pengadilan untuk mendengarkan keputusan apakah mantan penguasa Pakistan itu ditahan di penjara atau boleh pulang ke rumahnya dengan status tahanan rumah.
‘Penghianat Negara’

Musharraf pulang kembali ke negaranya pada tanggal 24 Maret setelah mengungsi sejak tahun 2009 dengan tinggal di Dubai dan London.

Dia kemudian didakwa dengan pengkhianatan atas negara dan dilarang untuk meninggalkan Pakistan.

Dakwaan itu antara lain berkaitan dengan keputusannya yang kontroversial dalam memecat ketua Mahkamah Agung Pakistan, Mohammad Iftikhar Chaudhry, ketika diberlakukannya keadaan darurat tahun 2007.

Komisi Pemilihan Pakistan sudah menolak berkas pencalonannya untuk ikut pemilihan umum di daerah pemilihan Chitral, Pakistan barat laut.

Musharraf berulang kali menegaskan dakwaan yang dijatuhkan kepadanya sama sekali tidak berdasar dan bermotif politik. (bbc/d)