Truk Muatan Lebih Dirazia di Sukabumi

Jumat, 19 April 2013
muatan1

SUKABUMI (Pos Kota) –  Operasi penertiban kendaraan truk bermuatan lebih terus digiatkan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sukabumi. Penindakan ini dilakukan menyusul keberadaan truk tersebut menjadi penyebab utama kerusakan jalan raya.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Sukabumi, Ahmad Riyadi mengakui razia hampir dilakukan tiap hari. Pasalnya, tak sedikit kendaraan bertonase lebih sering menghambat laju kendaraan dan merupakan faktor utama yang mempercepat kerusakan jalan.
“Penertiban dilaksanakan di wilayah utara Sukabumi. Kita razia semua kendaraan terutama truk yang bermuatan melebihi batas maksimal. Truk bertonase lebih menjadi penyebab rusaknya jalan di wilayah Sukabumi,” kata Riyadi, Jumat (19/4).

Menurut Riyadi, gencarnya penertiban dilakukan karena jalan yang dilalui truk melebihi muatan menjadi rusak karena tidak mampu menahan berat kendaraan. Truk bermuatan lebih ini, kata Riyadi, juga mengancam keselamatan para pengguna jalan raya yang lain. Soalnya, truk yang melebihi muatan kemungkinan fungsi remnya tidak berfungsi secara baik.

“Belum lagi keberadaan truk bermuatan lebih ini lajunya lamban dibandingkan dengan kendaraan yang lain sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas,” tandasnya.

(sule/sir)

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.