Sunday, 25 August 2019

Pastikan UN SMP/MTs Lancar, Mendikbud Sidak Sekolah

Senin, 22 April 2013 — 10:02 WIB
m.nuh-2

JAKARTA (Pos Kota)- Memastikan ujian nasional (UN) tingkat SMP/MTs berjalan lancar, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh melakukan sidak ke sejumlah sekolah di Jakarta Utara. Didampingi Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto, Nuh yang memulai  inspeksi mendadak (sidak) pukul 05:30 di SMPN 30 Koja, Jakarta Utara tersebut mengatakan bahwa seluruh soal UN SMP diseluruh Indonesia sudah didistribusikan dengan baik.

“Sampai Minggu malam, saya bersama Wapres Boediono mengecek ke semua wilayah hingga yang terpencil, semua soal sudah siap,” jelas Nuh, Senin (22/4).

Karena itu Nuh yakin bahwa pelaksanaan UN SMP kali ini akan berjalan lancar. “Kemarin yang UN SMA terkendala masalah distribusi soal. Tetapi mudah-mudahan yang SMP semua sesuai rencana,” tambahnya.

Nuh mengatakan UN SMP jumlah pesertanya jauh lebih banyak dibanding UN SMA. Sesuai data BSNP, hingga kemarin siswa yang tercatat mengikuti UN SMP sebanyak 3.717.498 siswa yang tersebar di 51.163 sekolah lokasi ujian.

Seperti halnya UN SMA, untuk UN SMP pun, BSNP menyediakan soal dalam 20 versi dengan tingkat kesulitan yang setara. Cara seperti ini terbukti efektif untuk menekan kebocoran soal UN.

Nuh yang juga mengecek kesiapan UN di MTs Al Khairiyah Koja Jakut sempat memberikan semangat kepada siswa. “Semangat ya,” katanya.
Ia berharap selepas lulus SMP, anak-anak bisa tetap melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Dinas Pendidikan di daerah diharapkan bisa memberikan solusi bagi siswa yang tidak bisa melanjutkan sekolah akibat kendala biaya.

(inung/sir)

m.nuh-2Teks Gbr- Mendikbud M Nuh saat melakukan monitoring persiapan UN SMP.