Selasa, 23 April 2013 11:42:10 WIB

Di Kota Bekasi, Lima Ribu TKK 4 Bulan Belum Gajian

gedung-walikota-bekasi

BEKASI (Pos Kota) – Janji Pemkot Bekasi yang segera membayar honor sekitar 5.000 tenaga kerja kontrak (TKK) belum juga ditepati. Para TKK ini sudah 4 bulan belum menerima uang honor mereka.

Untuk menutupi kebutuhan sehari-hari, banyak yang terpaksa berutang. “Waduh, kalau begini terus, saya juga bingung mau utang kemana lagi?” Keluh Murdi, satu TKK.

Para TKK ini berharap segera ada realisasi karena Pemkot Bekasi melalui Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) pernah berjanji pembayaran honor pada minggu pertama April. “Sampai bulan April mau habis, belum juga ada tanda-tanda dibayar,” kata Sopian, TKK lainnya.

Kondisi serupa juga dialami ribuan guru honorer di Kota Bekasi yang tergabung dalam Komite Guru Bekasi (KGB). “Rekan-rekan sesama guru dan tenaga tata usaha berulang kali mengirim pesan singkat, menanyakan kapan honor cair. Mereka tak sabar menanti pencairan karena didesak kebutuhan. Ada yang butuh untuk bayar kontrakan, cicilan sepeda motor, hingga biaya kuliah,” kata Ketua Komite Guru Bekasi (KGB) Mukhlis Setiabudi.

Kepala BKD Kota Bekasi Momon Sulaeman mengatakan pihaknya sudah berupaya agar pencairan segera dilakukan. “Tapi kami terbentur  ketidaksinkronan data TKK, khususnya guru dan tenaga tata usaha,” katanya.

Momon menjelaskan ada pengurangan jumlah para TKK ini. “Dari 2.599 TKK bidang pendidikan yang terdata tahun 2012 ternyata berkurang menjadi 2.300-an. Untuk saat ini data sudah valid, mudah-mudahan honor bisa segera dicairkan dalam waktu dekat,” katanya.

(dieni/sir)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.