Rabu, 24 April 2013 09:49:24 WIB

Di Tebing Kali Ciliwung, Rumah Warga Diterjang Longsor

rumah-longsor

DEPOK (Pos Kota) – Akibat diguyur hujan terus menerus, sejumlah rumah warga di Gang Waru, RT 4/1, Kel Kemiri Muka, Kec. Beji Kota Depok, Rabu (24/4), di tebing jurang Kali Ciliwung diterjang longsor.

Meskipun sudah memakan ruang tamu hingga longsor, namun rumah yang ditinggali oleh Keluarga Sasmita, 47, bersama istri dan ketiga anaknya masih tetap tinggal di rumah tersebut.

“Seharian hujan, sebelum longsor di ruang tamu. Sempat sedikit-sedikit longsor, sampai akhirnya merembet sampai ruang tamu, dan ruang tidur  rumah amblas longsor ke dalam jurang sedalam 5 meter,”ujar Sasmita kepada Pos Kota di rumahnya.

Kekhawatiran Sasmita tetap ada jika terjadi longsor susulan kapan saja. “Terpaksa saya tinggal di rumah, karena belum ada tempat tinggal baru. Walaupun ada dan itu sewa mahal di luar,”kata bapak tiga anak yang berprofesi sebagai buruh bangunan ini.

Korban longsor tidak hanya dialami rumah Sasmita saja. Tapi rumah keluarga Tazudin dan Kosasih sepanjang 10 meter juga longsor ke jurang Kali Ciliwung.

“Longsor kedua rumah itu terjadi pada akhir Januari 2013. Hingga sekarang belum ada penanganan khusus dari pihak pemerintah kota,” kata Bendahara RT 04/01 , Mahfudin, gotong royong dengan warga untuk melakukan perbaikan dengan dicor di tempat daerah longsor.

Menurut Mahfudin, dari pihak pemerintah belum ada respon terhadap warga rumanya yang terkena longsor. “Untuk segala kerusakan, warganya memperbaiki sendiri dengan modal yang cukup banyak hingga puluhan juta,”tambahnya.

(angga/sir)

rumah-longsorTeks Gbr- Pengurus RT 04 bersama keluarga korban menunjuk ruang tamu bolong besar akibat longsor. (angga)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.