Jumat, 26 April 2013 22:33:01 WIB

Amankan Demo 1 Mei

Polres Jakut Kerahkan 1200 Pasukan Gabungan

pasukan

TANJUNG PRIOK (Pos Kota) – Polres Jakarta Utara mengerahkan 1.200 pasukan gabungan untuk mengamankan demo Hari Buruh Sedunia 1 Mei . Diperkirakan 7.600 buruh di Jakarta Utara, akan turun ke jalan menuntut Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta yang masih banyak perusahaan belum melaksanakan.

“Pengamanan gabungan dari Polda Metro Jaya, Mabes Polri, dan TNI. Penjagaan terutama di lokasi objek vital seperti Pertamina Plumpang dan jalan tol,” kata Kapolres Jakarta Utara, Kombes Mohamad Iqbal seusai acara Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Peringatan Hari Buruh Dunia, Jumat (26/4).

Menurut Iqbal, untuk pengalihan arus sendiri sifatnya masih situasional. Seperti untuk di Pos 9 Pelabuhan Tanjungpriok, yang rencananya ada satu serikat pekerja yang akan melakukan demo di tempat tersebut.

“Nanti kami lihat kondisinya untuk pengalihan arus, karena sampi saat ini, baru satu titik saja yang akan digelar aksi demo yaitu di Pos 9 Pelabuhan Tanjungpriok, selebihnya akan menuju ke Jakarta Pusat,” kata Iqbal.

Hari Buruh yang identik dengan aksi demo, nampaknya tidak berlaku di kawasan Jakarta Utara. Karena, rencananya di saat perayaan Hari Buruh tersebut akan digelar acara perayaan panggung hiburan dengan berbagai hadiah yang akan diberikan.

Kegiatan itu, jelas Iqbal diselenggarakan bekerjasama dengan jajaran pimpinan kota seperti walikota, polres, kodim, dan kejaksaan. Selain itu juga dengan beberapa perusahaan yang bernaung di wilayah Jakarta Utara seperti Kawasan Berikat Nusantara (KBN), PT Pelindo II, PT Astra International, PT Pembangunan Jaya Ancol, PT Bogasari, PT Nippon Paint, dan PT Asahimas.

“Kami akan gelar panggung hiburan dengan menghadirkan penampilan hiburan musik, selain itu, nanti juga akan ada doorprize dan souvenir untuk para buruh yang hadir, salah satunya seperti motor dan barang-barang lainnya,” kata Iqbal didampingi Walikota Jakut, Bambang Sugiono.

Bambang, menambahkan acara itu diprakasai oleh masing-masing perusahaan dengan masing-masing titik. Seperti untuk di acara yang digelar di KBN Cakung merupakan kerjasama antara pihak KBN Cakung dan PT Bogasari. Lalu di Stadion Rawabadak oleh PT Pelindo II dan PT Astra International. Sedangkan untuk di tempat rekreasi Ancol oleh PT Pembangunan Jaya Ancol, PT Nippon Paint, dan PT Asahimas.

“Kami menyelenggarakan ini karena kami ingin menyambut Hari Buruh sebagai hari suka cita untuk para buruh, bukan hari untuk berdemo, meskipun kalau yang ingin berdemo silahkan saja. Karena di panggung itu kami juga mempersilahkan para buruh untuk berorasi,” kata Bambang.

Untuk itu, pihaknya berharap, agar para buruh juga berpartisipasi dengan acara itu. Sekaligus menjadi ajang silahturahmi para buruh di perusahaan satu dengan lainnya.

Seperti diketahui, berdasarkan data Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ( Sudin Nakertrans) Jakarta Utara, bahwa di wilayah Jakarta Utara terdapat 80.000 buruh, 6.000 perusahaan, dan 1.085 Pimpinan Unit Kerja (PUK). (Ilham)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.