Rabu, 28 September 2016

Sektor Pertanian Serap 75 Persen Tenaga Kerja

Jumat, 26 April 2013 — 8:43 WIB
sektor264

JAKARTA (Pos Kota)-Meski semakin banyak anak muda yang melakukan urbanisasi dan tertarik bekerja dibidang industri ternyata sektor pertanian masih mampu menyerap sekitar 75 persen tenaga kerja di pedesaan.

“Saya yakin dimasa mendatangpun sektor pertanian akan tetap memiliki peran yang sangat vital dalam menyerap tenaga kerja mengingat beberapa hal seperti adanya pertumbuhan penduduk, meningkatnya kebutuhan pangan, dan berkurangnya sumber energi terbarukan,” kata Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan, kemarin.

Menurut dia, dengan kondisi tersebut sektor pertanian kedepan akan menjadi tumpuan dalam penyediaan pangan, pakan , dan energi.Oleh karena itu tekonologi menjadi salah satu kunci dalam memenuhi tuntutan kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Karena itu pertanian Indonesia kedepan tidak boleh lagi hanya sebagai penghasil bahan baku industri saja, akan tetapi pertanian Indonesia harus melangkah pada tahap industrialisasi. Dengan demikian nilai tambah komoditas pertanian dapat berdampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia pada umumnya dan para petani khususnya.

“Selain itu industri pertanian di Indonesia juga harus memperkuat daya saing sehingga produk-produknya dapat diterima di berbagai negara di dunia,”ujarnya. (faisal)

Terbaru

Rumah kontrakan yang digeledah Densus 88 Anti teror di Kampung Kelapa Dua, Mustikajaya, Kota Bekasi dijaga ketat. (saban)
Rabu, 28/09/2016 — 17:06 WIB
Satu Terduga Teroris Dibawa dari Bekasi
Ilustrasi
Rabu, 28/09/2016 — 16:27 WIB
Beli Permen Buat Cucu, Rp 51 Juta Lebih Raib
Jessica Kumala Wongso  dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.  (reuters)
Rabu, 28/09/2016 — 16:21 WIB
Jessica: Mirna Lu Kenapa, Lu Kenapa