Minggu, 28 April 2013 20:26:12 WIB

Pabrik Garmen Dilalap Si Jago Merah

Pabrik Garmen Terbakar

SUKABUMI (Pos Kota) – Si jago merah melumat PT Molax Global Sukabumi dalam kondisi  kosong, Minggu (28/4). Produsen garmen yang berlokasi di Kampung Bojonglarang RT 09/04 Desa Pondokasolandeuh Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini habis dimakan api dalam waktu sekitar satu jam.

Kendati tak memakan korban, kerugian materil dari kebakaran ini ditaksir mencapai miliaran rupiah. Penyebab kebakaran masih diselidiki petugas kepolisian.

Warga sekitar melihat kobaran api di atap belakang bangunan  yang digunakan untuk produksi sekira pukul 12.15 WIB. Waktu itu, bangunan yang terdiri dari gedung tersebut kosong karena tengah libur produksi dengan semua pintu terkunci.

Kondisi ini membuat kesulitan  petugas pemadam kebakaran (damkar)  untuk masuk ke areal gedung. Sehingga api dengan cepat membesar hingga menghanguskan dua bangunan.

Tiga jam kemudian, api baru berhasil dijinakan setelah tujuh unit damkar diterjunkan. Selama belum jinak, warga sekitar turut panik karena khawatir api kian membesar.

Menurut Kepala Kantor Damkar, Puji Widodo, kesulitan proses pemadam salah satunya semua pintu terkunci dari dalam. Pabrik informasi sedang libur sehingga semua kunci pintu dibawa staf perusahaan. Belum lagi di dalam bangunan banyak  bahan kain sehingga membuat api semakin cepat besar.

“Pabrik ini pun tak dilengkapi aspek kelengkapan Standar Operasional Prosedur (SOP). Contohnya  tidak tersedianya hidrant,” cetusnya.

Kapolsek Parungkuda, Kompol Siswanto menegaskan penyebab kebakaran belum bisa disimpulkan. Untuk memastikan hal itu, pihaknya masih menyelidikinya dan memintai keterangan sejumlah saksi. (sule/d)

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.