Senin, 29 April 2013 06:20:54 WIB

Perda KTR di DKI Cukup Efektif

ilusperda

 

JAKARTA (Pos Kota) – Perda kawasan tidak merokok (KTR) yang diberlakukan Pemda DKI Jakarta terbukti mampu menekan angka perokok. Terutama perokok dalam angkutan umum yang sedang melaju.

Survei yang dilakukan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pada Maret 2013 lalu, mencatat jumlah perokok di dalam angkutan umum di Jakarta cenderung menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Terakhir kami survei, hanya 32 persen responden yang masih merokok dalam angkutan umum,” tutur  Staf Advokasi YLKI, Agus Sujatno, kemarin.

Padahal sebelumnya, jumlah perokok dalam angkutan umum mencapai 90 persen.

SECARA PERIODIK

Survei dikatakan Agus dilakukan secara periodik selama 3 tahun berturut-turut. Pada survei tahun 2009, ditemukan 89 persen sampel masih merokok dalam angkutan umum yang sedang berjalan. Survei berikutnya dilaksanakan tahun 2010 menemukan 47 persen dan survey terakhir pada Maret 2013 menemukan angka 32 persen.

“Itu artinya, Perda KTR cukup efektif menekan angka perokok di angkutan umum,” lanjut Agus.

Meski terdapat penurunan yang signifikan, menurut Agus angka 32 persen masih tergolong tinggi. Karena itu, ia meminta agar pengusaha angkutan umum memasang tanda khusus dilarang merokok didalam kendaraan. (inung/bu/o)

 

Baca Juga

© "Poskota", "Poskota Online" adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT.Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.