Sektor Pertanian Penting dalam Pembangunan Ekonomi

Selasa, 30 April 2013
Ade Swara panen-n

KARAWANG (Pos Kota) -  Sektor pertanian berperan penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia, pertanian memberikan kontribusi terbesar kedua sebesar 14,7% setelah industri sekitar 24,3% dalam bentuk domestik bruto Indonesia tahun 2011 dari 112,8 juta penduduk indonesia yang bekerja pada Februari 2012 dan di sektor pertanian ini mampu menyerap tenaga kerja terbanyak sekitar 36,52%.

Bupati Karawang, H. Ade Swara mengungkapkan hal itu pada acara sosialisasi Sensus Pertanian Tahun 2013 di Aula Resto Indo Alam Sari Jln. Interchange Tol Karawang Barat, Selasa (30/4) siang.

Undang–undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik mengamanahkan BPS untuk melaksanakan statistik dasar, yaitu sensus penduduk, sensus pertanian dan sensus ekonomi yang masing–masing diselenggarakan setiap sepuluh tahun sekali, ungkap Ade Swara.

“Sensus pertanian yang diselenggarakan tahun 2013 atau SP 2013 merupakan kegiatan besar, sehingga pelaksanaannya harus dilaksanakan secara optimal, baik dalam persiapan maupun pelaksanaannya,” tambahnya.

Ade Swara panen-475

Bupati Karawang, Ade Swara melakukan panen raya perdana di Desa Ciptamarga, Kecamatan Jayakerta, Jumat (26/4/2013). (nourkinan)

Kegiatan sosialisasi ini, lanjutnya, sebagai tahapan awal sebelum pendataan sensus pertanian di Kabupaten Karawang yang tujuannya agar ‘stakeholders’ dan masyarakat luas dapat mengetahui latar belakang, maksud dan manfaat sensus pertanian, untuk mendapatkan data statistik pertanian yang akurat, relevan dan up to date, sebagai bahan perencanaan dan evaluasi hasil-hasil pembangunan di sektor pertanian.

Lebih lanjut bupati menyampaikan, keberhasilan Sensus Pertanian 2013 ini sangat tergantung dari niat dan kesungguhan semua pihak, terutama dari jajaran BPS Kabupaten Karawang termasuk petugas yang direkrut dan dilatih.

Untuk itu, supaya lancar dalam pelaksanaan ini, para camat dihimbau untuk mengintruksikan kepada para kepala desa dan lurah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat dan membantu para petugas sensus, untuk menghasilkan data berkualitas.

Acara sosialisasi ini dihadiri 190 orang dari Pemkab, HKTI, KTNA, UPTD Pertanian, UPTD Perikanan, serta Kelompok tani perwakilan masing masing kecamatan (nourkinan/d)

 

Tentang Kami

Poskota

Poskota, Poskotanews, Poskota Online adalah merk dagang milik PT. Media Antarkota Jaya. Poskota diterbitkan oleh PT. Media Antarkota Jaya sejak 15 April 1970 di Jakarta. Izin Usaha: SIUPP No. 0088/SK/Menpen/SIUPP A/7 1986 13 Maret 1986.